04/01/2019 14:18:01
Info Kesehatan

Ketika Gejala Flu Mulai Menyerang

Foto: Google.com

Karena virus flu menyebar lewat udara, jadi sangat mudah untuk menjangkiti setiap orang. Terlebih saat daya tahan tubuh seseorang sedang rendah akibat kurang tidur, stres, atau pola makan yang buruk. 

Sebaiknya, kenali tanda-tanda awal akan terserang flu sebelum menjadi lebih parah. Seperti dikutip dari Boldsky.com, tanda atau gejala awal flu pada setiap orang bisa berbeda-beda dan berbagai macam.

Gejala pertama adalah kelelahan dan merasa lemah. Gejala ini biasanya merupakan tanda awal flu, yang biasanya muncul sebelum gejala lainnya.  

Selanjutnya, tubuh nyeri dan menggigil. Nyeri pada tubuh biasanya terjadi pada lengan, kaki, dan punggung. Kepala juga bisa terasa nyeri atau pusing. Nyeri tubuh dapat disertai dengan menggigil.

Setelah itu, biasanya akan muncul batuk secara terus-menerus. Terkadang batuk disertai rasa sesak di dada. Jenisnya batuknya bisa kering, atau berdahak.

Kadang, gejala awal flu juga ditandai dengan sakit tenggorokan. Kerongkongan mulai terasa gatal dan mengalami iritasi hingga kesulitan menelan.

Gejala lainnya adalah demam hingga mencapai 38 derajat celsius atau lebih bisa jadi tanda terserang flu. Demam menandakan tubuh sedang berusaha melawan infeksi virus. Namun, tidak semua orang demam ketika flu.

Agar flu tidak berkembang menjadi lebih parah, lakukan tindakan pencegahan. Misalnya saja mengambil waktu beristirahat di rumah, mengonsumsi makanan bergizi, mengurangi makanan berlemak dan pedas, serta memperbanyak konsumsi air. Pada dasarnya penyakit flu bisa dicegah dengan vaksinasi.

Flu menyerang sistem pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Kebanyakan orang akan mengatasi sendiri penyakit flu di rumah. Namun, jika flu memburuk atau mengalami komplikasi, segera pergi ke dokter.

Hindari penularan

Jika kena flu, Anda dianjurkan untuk tidak masuk atau cuti kerja dan istirahat di rumah. Selain karena rentan menular ke orang lain, berbagai gejala flu dan pilek bisa sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitas harian Anda. Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk istirahat agar Anda bisa kembali beraktivitas?

Anda mungkin menyangka bahwa baru-baru saja kena flu dan pilek, karena baru merasakan gejala flu dan pilek sekarang. Padahal, penularan virus penyebab flu bahkan sudah bisa terjadi sebelum gejalanya muncul. Ya, Anda sudah bisa menularkan flu bahkan sejak Anda belum sakit flu.

Menurut Margarita Rohr, MD, spesialis penyakit dalam di NYU Langone Health, penularan flu setidaknya berlangsung selama 5 sampai 7 hari setelah gejala flu dimulai. Penularan ini bisa berlangsung lebih lama pada anak-anak dan orang-oran yang daya tahan tubuhnya lemah, hingga lebih dari tujuh hari.

Penularan flu dimulai sejak Anda mulai merasakan demam. Meskipun belum ada gejala pilek, partikel udara yang mengandung virus flu sudah bisa menular ke orang lain saat Anda batuk, bersin, atau berbicara. Pasalnya, cipratan air liur udara yang mengandung virus dapat menyebar sejauh empat meter dari jangkauan. Ini sebabnya, flu adalah penyakit yang paling mudah menyebar dan menular kepada orang lain. (*)


*dikutip dari berbagai sumber

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Ketika Gejala Flu Mulai Menyerang