11/04/2019 12:12:55
Info Kesehatan

Jangan Menyerah, Ayo Lawan Kanker!

Kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti. Karena itu, tak sedikit orang yang divonis terserang kanker menjadi down dan putus asa. Ya, mitos bahwa kanker sangat mematikan membuat si penderitanya frustrasi dan kehilangan semangat. 

Jika Anda mengalami hal yang sama, sebaiknya jangan putus asa dulu. Sebab, tak ada kanker yang mematikan. Semua penyakit ada obatnya, asal Anda bersungguh-sungguh untuk sembuh total dari penyakit kanker.

Spesialis penyakit dalam, konsultan hematologi onkologi medik MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Toman L. Toruan SpPD KHOM,  mengatakan, ada mitos yang menyebut bahwa kanker merupakan penyakit berat. Akhirnya, banyak penderita yang tidak memeriksakan diri, tidak mencari pengobatan, akibatnya penyakit semakin bertambah buruk dan memperkecil kesempatan untuk sembuh.

Toman menyebutkan ada empat mitos tentang kanker yang beredar di masyarakat. Pertama, masyarakat Indonesia menganggap tabu untuk membicarakan kanker. Ke-dua, kanker tidak ada gejalanya. Ke-tiga, penderita kanker pasti meninggal dan pengobatannya mahal. Ke-empat, penderita kanker tidak punya hak untuk mendapatkan pengobatan karena mereka tidak punya harapan untuk hidup.

Hingga saat ini, masih banyak orang tidak menyadari fakta bahwa kanker bisa disembuhkan, dengan perawatan yang tepat dan benar sejak dini. Jenis kanker apa yang bisa disembuhkan?

1. Kanker Serviks

Kanker serviks paling mudah disembuhkan. Lakukan tes di organ intim Anda secara teratur, agar penyakit ini tidak berbahaya dan menyebar.

2. Kanker Payudara

Sebuah studi penelitian mengungkapkan, kanker payudara memiliki ukuran sebesar  kacang, sehingga dapat diobati dan disembuhkan lebih mudah melalui pemeriksaan awal.

3. Kanker Testis

Kanker testis yang terdeteksi sejak tahap awal dan belum menyebar, maka kemoterapi sangat efektif mengobati kanker ini.

4. Kanker Prostat

Kanker prostat penyebarannya sangat lambat, sehingga bila terdeteksi dini, kanker ini dapat diobati secara efektif dengan terapi radiasi.

5. Kanker Tiroid

Kanker papiler adalah kanker yang mempengaruhi kelenjar tiroid yang tumbuh secara perlahan, sehingga dapat diobati secara efektif dengan terapi radiasi.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bahwa kanker itu bukan penyakit yang perlu ditakuti dan tidak mematikan. Kanker bisa Anda taklukan dengan cara-cara yang tepat dan benar. Mulai sekarang Anda harus melawan kanker sejak dini.

Pasien Butuh Dukungan

Kanker kerap kali membuat pasiennya depresi dan putus asa. Selain merasakan sakit, mereka juga harus menjalani pengobatan yang berlangsung lama. Belum lagi efek samping pengobatan yang dijalani, misalnya saja bikin mual dan rambut rontok.

Karena itu dr Maria Witcaksono MPALLC dari RS Dharmais mengingatkan pentingnya dukungan bagi pasien kanker. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan memberikan terapi paliatif.

’’Kita akan mencari tahu apa yang membuat pasien menderita. Kalau nyerinya yang membuat pasien menderita yah kita kasih obat atau kalau dia ketakutan kita cari cara untuk menguranginya," kata dr Maria seperti dilansir dari sebuah media online nasional.

Pasien kanker, sambung dr Maria, sering juga mengalami kesulitan komunikasi dengan keluarga ataupun dokter. Ini harus dipahami oleh keluarga dan kerabat. Dokter Maria juga menyarankan pasien kanker aktif bergerak dan jangan mudah menyerah pada kondisinya.

Ia sendiri kerap menangani pasien kanker yang stadiumnya sudah lanjut. Kepada mereka, apalagi yang harapan sembuh sudah sangat kecil, dia akan menyemangati agar mereka ' ’’berteman’’ dengan penyakitnya, ikhlas, dan siap dengan semua yang mungkin terjadi.

’’Berteman’’ dengan penyakit maksudnya adalah tidak membenci kondisinya, tidak menyalahkan diri sendiri maupun orang lain. Dengan ’’berteman’’ dengan penyakit, seseorang menjadi lebih ikhlas dan tenang. Keikhlasan itu bisa mengurangi tingkat stres pada pasien.

Dokter Maria juga mengingatkan masyarakat agar berlaku 'Cerdik' yakni Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres untuk membantu menjaga kesehatan.

Terkait kanker, World Health Organization (WHO) mencatat saat ini di dunia terdapat lebih dari 14,4 juta orang yang menderita kanker. Sekitar 53 persen wanita, 47 persen pria dan 250 ribu adalah anak-anak.

 

*Dari berbagai sumber

 

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Jangan Menyerah, Ayo Lawan Kanker!