29/04/2019 10:31:17
Info Kesehatan

Anak 2 Tahun ke Atas Tak Butuh Tidur Siang, Benarkah?

Banyak orang tua yang membiasakan anaknya untuk tidur siang. Akan tetapi, sebuah penelitian Queensland University of Technology menemukan fakta bahwa anak berusia di atas 2 tahun justru tidak membutuhkan tidur siang. Sebab, di usia tersebut anak-anak mulai membutuhkan sebagian besar jam tidur mereka di malam hari. 

Seperti dilansir dari Kidspot, sebuah panduan dari National Sleep Foundation, menyarankan balita pada usia antara tiga hingga lima tahun butuh untuk tidur antara 10 sampai 13 jam sehari.

Secara umum, anak-anak mulai membutuhkan sebagian besar jam tidur mereka di malam hari pada usia dua tahun. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengklaim bahwa tidur siang pada anak di atas usia dua tahun dapat menyebabkan kualitas tidur yang semakin buruk.

Para peneliti dari temuan ini coba menghubungkan menurunnya kualitas tidur dengan berbagai masalah kesehatan dan perilaku. Beberapa masalah yang menjadi perhatian adalah perkembangan yang tertunda, obesitas, dan masalah emosional.

Profesor Karen Thorpe dan tim peneliti dari Queensland University of Technology mencoba melihat perilaku tidur siang dari penitipan anak. Hal penting yang dilihat adalah apakah anak-anak tersebut benar-benar butuh tidur siang atau tidak.

Dari penelitiannya tersebut, Thorpe menyebut bahwa setelah usia dua tahun, anak-anak sudah bisa untuk menentukan kebutuhan mereka untuk tidur siang. Diketahui bahwa memaksa anak-anak untuk tidur siang bisa mempengaruhi kualitas anak-anak ketika tidur malam hari.

’’Orang tua seharusnya tidak berpikiran bahwa tidur siang hari dan malam hari merupakan hal sama dan dengan membuat mereka tidur siang bisa membuat anak tidur lebih banyak, karena pada sesungguhnya hal ini tak terjadi,’’ jelas Profesor Thorpe.

’’Ketika mereka tidak membutuhkan tidur secara biologis ketika siang hari, yang kamu lakukan dengan membuat anak-anak tidur siang justru mengganggu tidur malam hari karena telah diganggu,’’ sambungnya.

Tergantung orang tua dan pengasuh anak lainnya untuk mengetahui ketika setiap anak benar-benar butuh tidur siang. Hal ini tidak boleh dipaksakan kepada anak-anak. Ketika anak sudah masuk usia tiga tahun, sebagian besar anak tidak membutuhkan tidur siang sama sekali.

Sementara itu, bagi anak-anak di bawah 2 tahun, memang membutuhkan waktu tidur atau istirahat lebih banyak. Tidur siang dapat membantu anak mengembalikan energinya selama perubahan besar dalam tubuhnya.

Sebuah penelitian tentang anak preschool menemukan bahwa tidur siang membantu anak lebih baik dalam bermain game yang mengasah otak. Membuat anak lebih mudah menangkap infomasi di sekitarnya dan membuatnya mudah belajar.

Penelitian itu juga menemukan bahwa anak yang kurang tidur siang cenderung mengalami obesitas. Anak yang lelah namun tidak tidur siang akan mencoba mengalihkan rasa kantuknya dengan makan, inilah yang membuatnya terjebak kelebihan berat badan.

Selain itu, anak yang tidur cukup akan memiliki tubuh lebih fresh sehingga suasana hatinya baik. Jika anak kurang tidur, biasanya akan rewel dan bahkan bisa menyebabkan ia tantrum. (*)

 

*Dari berbagai sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Anak 2 Tahun ke Atas Tak Butuh Tidur Siang, Benarkah?