31/05/2019 10:42:51
Info Kesehatan

4 Penyakit yang Perlu Diwaspadai di Usia Senja

Seiring bertambahnya usia, keluhan kesehatan juga mulai sering muncul. Sebagai anak, Anda harus lebih peka terhadap kondisi tersebut. Jangan lupa, satu saat Anda juga akan menjadi tua.

Apa saja penyakit yang sering terjadi di usia senja? Berikut empat jenis penyakit yang perlu diwaspadai seperti dilansir dari Vital Record:

1. Kemampuan sensori yang terganggu

Mulai dari penglihatan dan pendengaran, masalah kesehatan pada indera tersebut adalah yang paling sering dialami pada orang di atas usia 70 tahun. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, satu dari enam lansia memiliki masalah visual dan satu dari empatnya mempunyai gangguan pendengaran. Namun tentu saja keduanya bisa dibantu dengan bantuan alat seperti kacamata atau alat bantu dengar.

2. Kesehatan mulut

Kesehatan mulut adalah salah satu masalah terpenting bagi lansia. Masih menurut CDC, ditemukan sekitar 25 persen orang dewasa di atas usia 65 tidak lagi memiliki gigi alami. Masalah-masalah seperti gigi berlubang dan kerusakan gigi dapat menyebabkan kesulitan mempertahankan diet yang sehat, menurunnya kepercayaan diri, dan kondisi kesehatan lainnya.

Masalah kesehatan mulut yang berhubungan dengan orang dewasa yang lebih tua adalah mulut kering, penyakit gusi dan kanker mulut. Kondisi ini dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur.

3. Masalah pencernaan

Sembelit dapat berdampak pada kualitas hidup orang tua. Sebenarnya kondisi ini juga berkaitan dengan masalah lain yang sering terjadi di usia tua lainnya, malnutrisi. Pemenuhan asupan serat yang kurang bisa berdampak pada masalah pencernaan lainnya.

Pastikan lansia memiliki berat badan yang sehat, makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur untuk menghindari masalah kesehatan ini.

4. Percaya atau tidak: HIV/AIDS

Pada 2013, CDC menemukan bahwa 21 persen kasus AIDS terjadi pada orang di atas usia 50 di Amerika Serikat, dan 37 persen kematian pada tahun yang sama adalah orang berusia di atas 55 tahun.

Diagnosis HIV yang terlambat pun juga sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua karena gejala HIV sangat mirip dengan masalah penuaan yang normal, sehingga lebih sulit untuk mengobati dan mencegah kerusakan pada sistem kekebalan tubuh.

 

*Dari berbagai sumber

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: 4 Penyakit yang Perlu Diwaspadai di Usia Senja