31/05/2019 10:45:31
Info Kesehatan

Tetap Sehat Selama dan Pasca Lebaran

Setelah sebulan penuh berpuasa Ramadan, tiba saatnya untuk meraih kemenangan. Sejatinya, merayakan hari kemenangan jangan sampai berlebihan, dan menjadikannya sebagai ajang ’’balas dendam’’ meski banyak menu-menu lezat terhidang di meja.

Justru, di saat seperti inilah kita harus bisa lebih mengontrol diri agar tubuh tidak ’’kaget’’ setelah sebulan penuh berpuasa. Anda pasti tidak mengharapkan di momen Lebaran malah jatuh sakit, bukan? Jangan sampai gara-gara sakit, Anda melewatkan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan kerabat dan sanak saudara. Terlebih, jangan sampai Anda malah ambruk saat libur Lebaran usai dan harus kembali dalam rutinitas pekerjaan.

Nah, berikut ini adalah tips agar tubuh Anda senantiasa sehat selama dan pasca Lebaran:

·         Dilarang lapar mata

Wajar saja jika beragam menu khas Lebaran akan menggugah selera Anda. Boleh-boleh saja Anda menikmatinya, asal tidak berlebihan. Jika Anda terlalu ’’kalap’’ dikhawatirkan bisa memicu asam lambung naik dan menyebabkan maag. 

Nikmati menu yang ada dalam porsi kecil. Jangan paksakan diri untuk memasukan makanan jika memang merasa perut Anda sudah kenyang. Cegah juga menu tertentu seperti makanan manis dan berlemak. Sebab, inilah penyebab utama mengapa kadar kolesterol kerap naik di hari raya.

·         Perbanyak Konsumsi Air Putih, Sayur, dan Buah

Keinginan untuk menikmati menu Lebaran yang nikmat memang agak sulit dibendung. Karena itu, Anda harus pintar-pintar mengakalinya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, lho. Namun, langkah yang paling mudah dilakukan adalah memperbanyak konsumsi air putih, sayur, dan buah.

Meminum air putih setidaknya dua gelas sebelum makan akan berpengaruh terhadap pola makan Anda. Tanpa disadari, porsi makan yang Anda ambil akan lebih sedikit. Dengan begitu, asupan gula, sodium, dan lemak yang terkandung dalam menu Lebaran jadi semakin kecil masuk ke dalam tubuh.

Sayur dan buah juga bermanfaat untuk Anda yang ingin selalu sehat saat Lebaran. Kandungan serat yang ada di dalamnya akan membuat tubuh lebih mudah mencerna nutrisi. Anda juga bisa merasa kenyang lebih cepat sehingga nafsu untuk menyikat habis makanan Idul Fitri pasti bisa dihindari.

·         Tetap Berolahraga

Biasanya orang akan malas melakukan olahraga saat Lebaran. Pasalnya, di hari libur ini mereka memang lebih banyak disibukkan dengan kegiatan silaturahmi yang cukup menyita waktu dan tenaga.

Kebiasaan tersebut tentu tidak boleh Anda tiru. Meskipun sedang menikmati libur Lebaran, Anda tetap wajib meluangkan waktu untuk berolahraga. Selain bisa menghilangkan racun dalam tubuh yang berasal dari menu Hari Raya, Anda juga bisa meningkatkan hormon endorfin.

Zat inilah yang mampu menjaga mood agar senantiasa gembira dan positif. Ini pula yang membuat nafsu makan menurun dan membantu Anda mengontrol diri untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

·         Atur Pola Makan

Mengatur pola makan adalah langkah jitu untuk menjaga tubuh agar tetap fit saat Lebaran. Anda harus memperhatikan jadwal  dan cara mengunyah yang tepat. Contohnya tidak mengonsumsi makanan berat seperti ketupat dan opor ayam lebih di malam hari. Sebab, tubuh akan lebih lama mencerna makanan di  waktu tersebut. Kunyahlah makanan secara perlahan untuk menekan nafsu makan dan membantu kelancaran pencernaan.

 

*Dari berbagai sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Tetap Sehat Selama dan Pasca Lebaran