20/06/2019 18:11:06
Info Kesehatan

Anak Belajar Yoga? Kenapa Tidak?

Siapa bilang anak-anak tidak bisa latihan yoga? Justru, jika yoga dikenalkan sejak dini pada mereka, banyak lho manfaatnya. Salah satunya adalah meningkatkan fokus dan konsentrasi anak.

Selain itu, menurut Guru Yoga Deera Dewi, anak yang berlatih yoga juga cenderung memiliki sikap yang lebih tenang. ’’Itu banyak terbukti. Anak kecil yang berlatih yoga dan tidak, berbeda pada saat ujian. Yang suka yoga lebih tenang, less stress juga,’’ ujarnya seperti dilansir dari sebuah media nasional.

Ketika ditanya soal umur ideal untuk anak mulai berlatih yoga, Deera menjawab, tak ada waktu spesifik yang dianjurkan untuk memperkenalkan anak dengan yoga. Bahkan, usia anak ketika baru belajar berjalan pun sudah bisa diperkenalkan dengan yoga.

’’Sebaiknya memang dari usia sangat dini karena bukan hanya badannya bagus, tapi untuk melatih motorik, melatih agar mereka lebih aware karena itu akan terbawa ke tahap usia berikutnya,’’ katanya.

Bagi anak yang sudah mulai berlatih yoga, Deera menganjurkan melakukannya seminggu tiga kali. Meski begitu, jangan berpikir pose-pose yoga yang diajarkan akan rumit seperti pose orang dewasa. Sesi yoga anak akan dibuat seperti suasana bermain. Pose-pose yang diperkenalkan pun adalah pose-pose lucu, seperti binatang atau tumbuhan.

’’Kayak down dog, cat misalnya, yang penuh visualisasi, elephant pose, cobra, dolphin, posisi pohon gimana, tree pose, tidak bergerak,’’ ucapnya.

Durasi yoga anak, tambah Deera, maksimal 40 menit. Sebab, kebanyakan anak kecil sudah tidak fokus untuk latihan di atas 20 menit. Terkadang, di tengah sesi latihan mereka yang sudah hilang fokus dibiarkan untuk bermain terlebih dahulu, setelah itu barulah melanjutkan sesi latihan.

Kebanyakan anak mau berlatih yoga karena orang tuanya berlatih. Ketika orang tua berlatih, anak seringkali diajak menemani ke lokasi latihan.

’’Orang tua masuk kelas, anaknya dampingi di sebelah, lama-lama mau, akhirnya ikut kelas sendiri. Ramai, sih. Lagi hits (tren),’’ ujarnya.

Mulai banyak bermunculan kelas-kelas yoga khusus untuk anak baik usia balita maupun 6 tahun ke atas. Kelas yoga ini berlangsung selama 30 menit hingga 1 jam. Biasanya memang, yoga diikuti orang dewasa yang membutuhkan latihan relaksasi.

Namun anak-anak sebenarnya seperti juga orang dewasa yang butuh diberitahu cara menenangkan diri, mengatur napas, memfokuskan pikiran serta menstabilkan emosi. Latihan yoga secara teratur bisa membantu anak dalam hal tersebut.

Sebuah penelitian soal efek yoga pada anak pernah dilakukan pada 2012 dan dipublikasi di Journal of Behavioral Health Services & Research. Dari penelitian terungkap, anak-anak di usia 7 tahun ke atas yang melakukan yoga secara rutin memiliki suasana hati yang lebih baik, level energi dan kemampuannya untuk relaksasi meningkat. Postur tubuhnya juga jadi lebih baik

’’Latihan yoga pada anak membuat mereka memiliki kesempatan belajar untuk fokus tanpa perlu takut melakukan kesalahan. Sangat bagus untuk anak yang pemalu dan kurang percaya diri,’’ Shana Meyerson, pendiri Mini Yogis.

Ada sederet manfaat yoga yang bisa didapatkan anak. Bisa jadi pertimbangan Anda jika ingin mendaftarkan si kecil ke kelas yoga:

- Koordinasi dan keseimbangan

Dalam latihan yoga, koordinasi dan keseimbangan adalah kunci. Butuh pikiran yang fokus untuk membuat tubuh jadi seimbang. Mungkin pada latihan pertama anak akan sulit menjaga keseimbangan saat melakukan posisi tertentu. Namun hal ini membuat mereka terpacu untuk lebih fokus dan melatih keseimbangannya berulang kali. Latihan ini juga sangat penting untuk perkembangan motorik halus dan kasarnya.

- Melatih fokus dan konsentrasi

Ada posisi yoga tertentu yang memang cukup sulit dan membutuhkan fokus serta konsentrasi tinggi. Anak-anak yang sulit fokus, bisa melakukan yoga secara teratur agar terbiasa untuk mencapai target tertentu dan melatih fokusnya.

- Menguatkan koneksi tubuh dan pikiran

Sebagai orangtua tentu kita ingin anak bisa mengontrol emosinya, mampu menenangkan diri ketika menghadapi masalah. Hal ini bisa dilatih melalui latihan yoga di mana tiap gerakan adalah menyelaraskan pernapasan dengan seluruh anggota tubuh dan memfokuskan pikiran agar mendapat efek positifnya secara maksimal. (*)

 

*Dari berbagai sumber

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Anak Belajar Yoga? Kenapa Tidak?