25/06/2019 13:08:46
Info Kesehatan

Bebaskan Anak dari Cacing dengan Terapi Rutin

Jangan pernah menyepelekan cacingan, karena dampaknya bisa sangat berbahaya. Bebaskan keluarga tercinta terutama anak-anak dari penyakit cacingan dengan melakukan terapi rutin. Terapi bebas cacing bisa dilakukan satu atau dua kali dalam sebulan. Saat ini sudah banyak obat cacing yang dijual bebas di apotik.

Anak-anak paling rentan terkena cacingan karena masalah kebersihan. Apalagi jika anak sering bermain di tempat yang terkontaminasi telur cacing, maka sangat besar risikonya mengalami cacingan. Jika orang tua tak berhati-hati dengan masalah kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak, maka mereka pun bisa terkena cacingan.

Beberapa ciri cacingan pada anak bisa berbeda tergantung dari jenis cacing yang menginfeksinya. Namun, secara umum tanda anak mengalami cacingan bisa dilihat dari lima hal berikut ini:

Sakit Perut

Sakit perut pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah infeksi cacing. Sakit perut yang disebabkan oleh cacingan biasanya muncul kambuh-kambuan atau muncul berulang tapi tidak parah. Bila kita sering mendapati si kecil sakit perut, penting untuk segera mencari tahu penyebabnya dan menanganinya.

Gatal yang Terus Menerus di Area Anus

Cacing kremi adalah jenis cacing yang lebih sering menyerang anak-anak. Salah satu penyebabnya adalah karena anak-anak sering main di tanah yang kotor dan tak membersihkan tangan dan tubuh dengan baik. Gatal yang terus menerus di area sekitar anus merupakan salah satu tanda cacingan. Intensitas gatal biasanya meningkat pada malam hari atau awal pagi hari saat cacing mencapai anus untuk bertelur. Bila tak segera diatasi, anus akan makin terasa nyeri dan bisa menyebabkan iritasi.

Mengalami Gangguan Tidur

Gejala ini berkaitan dengan sakit perut dan rasa gatal pada anus yang dialami anak. Karena masalah tersebut, anak jadi susah tidur. Sulit tidur nyenyak dan gampang gelisah. Cek pola tidur anak. Bila ia sering mengeluh susah tidur karena rasa tidak nyaman yang dialaminya, ada baiknya segera membawanya ke dokoter.

Sering Meludah dan Nafsu Makan Berkurang

Munculnya kebiasaan sering meludah bisa disebabkan oleh peningkatan air liru dalam membuat karena cacing. Bila anak makin sering meludah, coba waspadai gejala cacingan. Cacingan juga bisa ditandai dengan gejala penurunan nafsu makan. Berat badan anak pun jadi sulit naik.

Badan Kurus dan Ruam pada Kulit

Badan yang kurus pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena cacingan. Sebab saat terkena infeksi cacing, zat nutrisi yang semestinya digunakan untuk pertumbuhan anak malah diserap oleh cacing. Selain itu, pada beberapa kasus cacingan pada anak juga bisa menunjukkan gejala ruam pada kulit.

Mual, demam, tubuh yang tampak lemas, dan feses yang berbau sangat busuk juga bisa termasuk dalam gejala anak cacingan. Bila anak menunjukkan sebagian atau hampir semua gejala dan tanda di atas, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (*)

 

*Dari berbagai sumber

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Bebaskan Anak dari Cacing dengan Terapi Rutin