03/07/2019 11:05:11
Info Kesehatan

Anak Sulit Makan Buah? Begini Cara Mengakalinya!

Bukan hal yang aneh jika anak-anak kurang suka makan buah dan sayur. Nah, mumpung saat ini masih libur panjang sekolah, Anda bisa mengakalinya.

Anda bisa mengolah buah menjadi puree agar teksturnya lembut dan mudah dimakan serta dicerna oleh anak. Misalnya membuat pear puree dengan memotong buah pir menjadi dadu, panaskan di microwave, lalu hancurkan hingga lembut.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr.Muliaman Mansyur, Anda bisa memberi sari buah pada si kecil jika usianya sudah di atas 6 bulan. Lalu, pada usia 8-12 bulan, Anda bisa memberi si kecil buah yang lembut.

’’Biasanya buah bisa diperkenalkan pada bayi di atas 6 bulan. Bunda bisa memberi sari buah kepada si kecil. Manfaatnya lebih kepada memperkenal rasa, tekstur yang cair dan halus dari buah, serta memberikan vitamin dan mineral yang alami yang ada di buah. Pada bayi yang lebih besar sekitar 8-12 bulan tentu bisa memberikan buah yg lembut," kata Muliaman seperti dikutip dari HaiBunda.

Selain itu, Muliaman mengingatkan baiknya hindari pemberian jus pada anak karena biasanya jus dibuat dengan tambahan gula sebagai pemanis. Namun, Anda bisa mengolah buah menggunakan blender atau membuat puree buah tanpa tambahan gula.

’’Manfaat sari buah atau puree buah pada si kecil adalah di samping dapat vitamin dan mineral juga akan memperkenalkan rasa dan tekstur dari puree sendiri. Pada anak di atas 1 tahun manfaat dari pemberian buah sendiri di samping memenuhi asupan vitamin dan mineral, juga untuk membantu memperlancar saluran pencernaan,’’ kata Muliaman.

Lalu, apa saja jenis buah yang baik untuk anak-anak terutama balita? Nah, Anda tak perlu bingung karena pada dasarnya semua buah itu baik. Akan tetapi, bagi balita sebaiknya memperbanyak konsumsi apel, beri, semangka, anggur, dan pisang. (*)

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Anak Sulit Makan Buah? Begini Cara Mengakalinya!