12/07/2019 13:43:54
Info Kesehatan

Begini Cara Meninimalisasi Risiko Kanker Paru-Paru

Meski tidak semua jenis kanker paru dapat dicegah, kita masih bisa menurunkan risikonya. Setidaknya ada lima poin penting yang wajib diperhatikan untuk bisa mengurangi risiko terkena kanker paru. Berikut lima cara menurunkan risiko kanker paru-paru seperti dikutip dari kompas.com:

Jauhi rokok

Baik perokok aktif maupun pasif memiliki risiko besar untuk mengidap kanker paru. Dilansir dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), 80 hingga 90 persen kasus kematian akibat kanker paru di Amerika Serikat disebabkan oleh rokok. Untuk itu, lebih baik menjauhi rokok. Lebih baik juga jika Anda menjadikan rumah bebas asap rokok.

Rumah bebas radon

Radon adalah salah satu zat yang menjadi penyebab penting kanker paru. Zat ini termasuk dalam gas mulia yang beradioaktif. Bukan rahasia lagi radon sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Biasanya gas ini ditemukan di rumah atau bangunan yang dibangun di atas yanah atau batu dengan karakteristik radioaktif tinggi.

Radon sendiri menjadi penyebab utama kanker paru pada non-perokok. Selain radon, Anda juga perlu menghindari paparan bahan kimia penyebab kanker. Bila Anda bekerja di area yang menggunakan bahan kimia tertentu, ada baiknya selalu menggunakan masker.

Pola Makan Sehat

Pola makan sehat dengan buah dan sayur tinggi serat juga dapat membantu menurunkan risiko kanker patu. Beberapa bukti menunjukkan bahwa pola makan ini dapat melindungi baik perokok maupun non-perokok dari kanker paru. Meski begitu, efek paling baik terjadi pada orang yang tidak merokok. Untuk itu, gaya hidup sehat juga perlu diterapkan demi menghindari kanker mematikan ini.

Olahraga teratur

Selain pola makan sehat, untuk menurunkan risiko kanker paru, olahraga juga tak kalah penting. Kebiasaan sehat ini juga baik untuk mencegah jenis kanker lain serta penyakit jantung dan diabetes. Merangkum dari Mayo Clinic, olahraga hampir setiap hari dalam seminggu memiliki hasil yang baik.

Jika sulit, Anda bisa mulai dari olahraga secara teratur. 5. Perhatikan suplemen yang dikonsumsi Sering kali kita beranggapan bahwa konsumsi suplemen akan meningkatkan kondisi tubuh. Sayangnya, tak selamanya anggapan ini benar. Pasalnya beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen beta-karoten, nutrisi yang berkaitan dengan vitamin A, justru meningkatkan risiko kanker paru pada orang yang merokok. Selain itu, bagi para perokok, belum ada bukti nyata bahwa konsumsi vitamin dosis tinggi belum berhasil mengurangi risiko kanker paru.

Perhatikan suplemen yang dikonsumsi

Sering kali kita beranggapan bahwa konsumsi suplemen akan meningkatkan kondisi tubuh. Sayangnya, tak selamanya anggapan ini benar. Pasalnya beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen beta-karoten, nutrisi yang berkaitan dengan vitamin A, justru meningkatkan risiko kanker paru pada orang yang merokok. Selain itu, bagi para perokok, belum ada bukti nyata bahwa konsumsi vitamin dosis tinggi belum berhasil mengurangi risiko kanker paru.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Begini Cara Meninimalisasi Risiko Kanker Paru-Paru