24/01/2014 15:26:01

Leukemia Mengancam Anak

Sobat dokterkecil.com, apa yang kamu bayangkan apabila mendengar kanker? Tentu kamu akan membayangkan suatu penyakit yang sangat mengerikan dan sulit untuk sembuh.

 

Kanker merupakan penyakit pembunuh terbesar di dunia dan tidak hanya menyerang orang dewasa, namun anak-anakpun beresiko. Penyakit kanker pada anak salah satunya leukemia.

 

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada tahun 2012 jumlah penderita kanker di dunia mencapai 12 juta orang, diperkirakan tahun 2020 naik menjadi 20 juta. Di dunia diperkirakan 9 dari 100.000 anak berusia 0-17 tahun karena anak usia tersebut belum terbiasa dengan pola hidup sehat. Sementara 3,5 per 100.000 anak menderita leukemia.

 

Di Indonesia setiap tahun ditemukan 4.100 pasien baru kanker anak. Bahkan, kanker menyumbang sekitar 10% kematian pada anak-anak. Setiap tubuh manusia mengandung sel kanker. Agar sel kanker tidak mengganas, gaya hidup perlu dijaga.



Gejala awal leukemia sulit untuk dideteksi, namun jika wajah anak menjadi pucat, demam yang tidak diketahui penyebabnya, sakit pada bagian tulang, mudah merasa lemas, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan secara drastis, lebih baik segera periksakan anak ke dokter.

 

Nah sobat dokterkecil.com, kita harus mencegah kanker sejak dini dengan pola hidup sehat. Seperti olahraga teratur, makan makanan bergizi, menghindari makanan berpengawet dan menjauhi alkohol dan rokok.

 

 

 

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Leukemia Mengancam Anak