31/07/2019 11:43:52
Info Kesehatan

Cara Mengatasi Demam pada Bayi

Untuk mengetahui apakah bayi Anda mengalami demam atau tidak, coba ukur suhu tubuhnyamenggunakan termometer. Disarankan untuk mengukur suhu tubuh bayi melalui anus, karena bagian tersebut dinilai lebih akurat dibandingkan mulut, ketiak, atau telinga. Selain itu, termometer anus juga lebih mudah diaplikasikan pada bayi.

Sebelum mengukur suhu tubuh, Anda harus memastikan termometer dalam keadaan higienis. Sebelum dipakai, cuci bersih menggunakan sabun dan bilas dengan air bersih.

Posisikan bayi Anda tengkurap dalam dekapan Anda, kemudian masukkan termometer yang telah diolesi petroleum jelly secara perlahan-lahan ke anus dengan kedalaman sekitar 2.5 cm.

Tahan termometer selama dua menit. Jika menggunakan termometer digital, tahan hingga terdengar suara notifikasi dari termometer. Setelah itu, tariklah secara perlahan dan baca hasilnya.

Sebagai informasi, suhu tubuh bayi normal berada di kisaran 36-37.9 derajat Celcius.

Untuk mengatasi demam pada bayi usia tiga bulan ke atas, Anda bisa melakukan penanganan awal secara sederhana di rumah, seperti:

·     Mandikan bayi Anda menggunakan air hangat. Pastikan air tersebut tidak terlalu panas untuk kulit bayi. Mandi air hangat juga memungkinkan si Kecil untuk menghirup udara hangat sehingga melancarkan pernapasannya. Tubuh bayi Anda juga akan terasa lebih rileks.

·    Setelah itu, kenakan pakaian yang nyaman untuk bayi yang sedang demam, seperti baju dengan bahan yang tipis. Hindari pakaian tebal dan bertumpuk.

·     Beri dia asupan cairan yang cukup seperti ASI, susu formula, atau air putih, guna menghindarkan bayi dari dehidrasi.

·    Untuk penggunaan obat-obatan, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memberikannya kepada bayi Anda.

Jika demam menyerang bayi berusia tiga bulan ke bawah, dianjurkan untuk langsung membawa Si Kecil ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

 

*Sumber: Alodoc

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Cara Mengatasi Demam pada Bayi