05/08/2019 17:38:11
Info Kesehatan

Tips ’’Menyelamatkan’’ ASI perah Saat Listrik Mati

 Pemadaman listrik serentak di Jawa dan Bali yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus, cukup membuat masyarakat resah. Betapa tidak, berbagai aktivitas masyarakat lumpuh seketika akibat matinya listrik yang berlangsung sekitar 8-18 jam tersebut.

Bagi ibu menyusui yang rutin melakukan stok air susu ibu (ASI), misalnya. Stok ASI perah biasanya akan disimpan di dalam kulkas. Nah, dengan matinya listrik dengan durasi yang lama, tentu saja membuat kaum ibu panik, terutama jika mereka harus berada jauh dari sang buah hati.

 Sebenarnya, ibu menyusui tak perlu panic jika insiden seperti ini terjadi. Berikut cara  ’’menyelamatkan’’ ASI Perah yang berada di freezer saat listrik mati:

Hindari Membuka Freezer

Selama listrik padam, freezer akan tetap dingin untuk sementara waktu. Jika tak ada keperluan mendesak, jangan buka pintu freezer. Suhu dalam freezer akan berubah ketika sering dibuka dan dapat menpengaruhi ASI.

Isi Celah Freezer dengan Kantong Es

Saat listrik padam, jaga suhu di dalam freezer dengan mengisi celah yang kosong dengan bongkahan atau kantong es batu. Isi freezer akan lebih tahan beku jika dalam kondisi padat rapat.

Pindahkan ke Cooler Box

Pindahkan ASI perah ke cooler bag, lalu selimuti cooler bag dengan handuk atau selimut.

Titip Simpan di Rumah Sakit

Antisipasi jika listrik padam cukup lama, Anda bisa membawa ASI Perah ke rumah sakit untuk menampung susu yang telah disimpan.

 

*Dari berbagai sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Tips ’’Menyelamatkan’’ ASI perah Saat Listrik Mati