20/08/2019 12:27:46
Info Kesehatan

Mengatasi Dehidrasi pada Anak

 Dehidrasi pada anak bermacam-macam tingkatannya, mulai dari ringan, sedang, hingga akut. Gejala dehidrasi ringan dapat dilihat jika anak mulai enggan bermain, jarang buang air kecil, mulut kering, air mata sedikit saat menangis, dan ubun-ubun tampak lebih cekung (bayi dan balita).

Sementara dehidrasi akut bisa dilihat jika anak sangat rewel, tidur berlebihan, mata cekung, tangan dan kaki dingin dan pucat, kulit menjadi keriput, buang air kecil hanya 1 atau 2 kali sehari. Kalau sudah begini, sebaiknya segera bawa anak Anda ke dokter.

 Nah, berikut adalah tips penanganan dehidrasi pada anak:

Jika dehidrasi pada anak dialami bayi di bawah usia 3 bulan, dokter kemungkinan hanya akan meminta Ibu untuk terus memberi ASI atau susu formula dalam jumlah yang lebih sedikit tapi dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya.

Sedangkan penanganan dehidrasi pada anak berusia lebih dari 3 bulan, dokter kemungkinan akan memberikan cairan tertentu sebagai tambahan ASI atau susu formula, untuk mengisi kembali air dan garam (elektrolit) yang dihilangkan tubuh. Cairan elektrolit bisa diperoleh di banyak apotek dan tersedia dalam berbagai merek. Anda juga bisa meminta jenis generik jika menginginkannya, sehingga dehidrasi pada anak bisa segera teratasi.

Dokter anak biasanya memberi arahan bagaimana memberikan cairan elektrolit berdasarkan berat badan dan usia bayi. Panduan jumlah total cairan untuk setiap 3 atau 4 jam adalah sebanyak 5 sendok teh (25 ml atau cc) tiap pound (0,45 kg) berat badan. Misalnya, bayi Anda memiliki berat badan 15 pound (6,82 kg), ini artinya ia membutuhkan 75 sendok teh (375 ml atau cc, atau sekitar 1,5 gelas) cairan elektrolit.

Jika dehidrasi pada anak cukup berat, anak Anda mungkin akan disarakan untuk dirawat di rumah sakit. Nantinya, dokter akan memberikan cairan melalui pipa yang dimasukkan ke hidungnya. (*)

 *Dari berbagai sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Mengatasi Dehidrasi pada Anak