04/09/2019 09:42:55
Info Kesehatan

Cuaca Tidak Jelas, Waspadai Penyakit yang Bisa Menular di Sekolah

 Sesekali hujan mulai turun, meski belum merata dan tidak setiap hari. Akan tetapi, ini menunjukkan bahwa musim hujan sebentar lagi tiba. Biasanya, di pergantian musim seperti ini, cuaca menjadi tidak jelas. Saat siang terik bisa saja tiba-tiba turun hujan.

Dalam cuaca yang tidak menentu seperti ini, tak jarang penyakit musim pancaroba pun muncul. Nah, biasanya, anak-anak pun akan lebih rentan terkena penyakit di musim ini, terutama yang sudah sekolah. Karena anak-anak menghabiskan waktu enam hingga delapan jam di sekolah, tak heran jika mereka banyak melakukan interaksi dengan teman-temannya.

 Sekolah merupakan salah satu tempat penularan penyakit yang paling potensial untuk anak. Apa saja jenis penyakit yang bisa menulari anak Anda ketika di sekolah? Yuk, simak rangkumannya seperti dilansir dari Liputan6 berikut:

Influenza

Virus influenza menular dengan sangat cepat dan rentan bagi anak-anak. Influenza kerap dianggap sebagai penyakit yang ringan, namun Anda perlu waspada karena penyakit yang disebabkan oleh virus ini bisa sangat mudah menular melalui udara. Gejalanya meliputi batuk, pilek, demam, dan nyeri tenggorokan. Jika anak Anda terkena influenza, sarankan untuk menggunakan masker agar tidak menulari teman di sekitarnya.

Diare

Penyakit yang rentan menular kepada anak saat di sekolah berikutnya adalah diare. Sebenarnya diare merupakan suatu gejala yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi, alergi makanan, dan intoleransi laktosa.

Diare yang disebabkan oleh infeksi dapat menular ke orang lain. Agar anak Anda tidak tertular penyakit ini, bisa perbanyak asupan cairan hariannya. Bila anak telanjur terkena diare, berikan cairan oralit agar ia terhindar dari dehidrasi.

Umumnya, diare berlangsung hingga tujuh hari dan gejalanya bisa hilang dengan sendirinya tanpa bantuan pengobatan khusus. Obat antidiare dapat diberikan untuk mengurangi gejala dan mempersingkat durasi diare.

Untuk mencegah diare pada anak, Anda bisa membiasakan mereka untuk selalu mencuci tangan dengan sabun. Ya, kuman pada feses dapat mengontaminasi makanan, tangan, air, hingga perlengkapan makan anak, dan akhirnya menyebabkan diare.

Cacar Air

Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster. Gejala cacar air berupa demam dan timbulnya bentol di kulit yang terasa sangat gatal. Umumnya, cacar air bisa sembuh sendiri dalam 7 hingga 10 hari.

Cairan di dalam vesikel dapat menulari orang lain. Cacar juga dapat menular melalui kontak dengan kulit orang yang menderita cacar, dan melalui udara dari aluran pernapasan penderita. Untuk itu, penting untuk memberikan obat penurun panas untuk demam dan obat antihistamin untuk gatal dan meredakan gejala yang timbul.

Meski demikian, pencegahan terbaik penyakit cacar air adalah dengan memberikan vaksin. Selain itu, penting untuk mengingatkan anak Anda untuk menghindari bersentuhan langsung dengan temannya yang sedang terkena cacar air.

Gondongan

Penyakit yang disebabkan oleh virus paramyxovirus ini mudah menular. Biasanya gondongan akan sembuh dalam waktu sekitar 14 hari. Gejala yang biasa timbul berupa demam, pembesaran kelenjar liur yang terasa nyeri, badan lemas, dan nafsu makan menurun.

Biasanya gondongan ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita gondongan. Penularan penyakit ini juga dapat terjadi saat bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

Pemberian vaksin menjadi upaya pencegahan yang penting dari penyakit gondongan. Untuk itu, Anda bisa mengajak anak untuk diberikan vaksin agar kebal terhadap virus penyebab gondongan.

Cacingan

Penyakit yang mudah ditularkan melalui aktivitas di sekolah berikutnya adalah cacingan. Penyakit ini bisa terjadi karena cacing atau telur cacing masuk ke dalam organ tubuh melalui makanan atau permukaan lain yang terkontaminasi telur cacing. Misalnya saja saat anak Anda sedang bermain di pekarangan sekolah atau membeli makanan di sembarangan tempat.

Anda bisa melakukan beberapa upaya agar anak tidak kena cacingan. Misalnya, terus mengingatkan anak untuk selalu mencuci tangan setelah bermain di tempat terbuka dan sebelum makan. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Cuaca Tidak Jelas, Waspadai Penyakit yang Bisa Menular di Sekolah