29/01/2020 10:19:54
TIPS

Melindungi Keluarga dari Penularan Kusta

Foto: Redaksi Dokcil/Mengenakan masker adalah salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit.

Meski tergolong penyakit menular, kusta tidak mudah ditularkan. Perlu waktu lama bagi penularan kusta, itupun jika kita sering melakukan kontak erat dengan penderita.


Kendati demikian, penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae ini bisa diobati dan disembuhkan. Kuncinya adalah disiplin mengonsumsi obat.

Selain menyembuhkan, rutin minum obat juga diperlukan agar kusta tidak sampai menimbulkan kecacatan pada penderitanya, dan mampu mencegah penularan. Nah, agar kita terhindar dari penularan, sebaiknya melakukan langkah-langkah antisipatif berikut: 

Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh adalah langkah awal yang harus dilakukan. Mulai dari mengatur pola makan dan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, menjaga tubuh agar dapat beristirahat cukup, dan rutin melakukan olahraga 3-4 kali dalam seminggu. Agar lebih optimal, Sobat Dokcil juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin untuk mendukung kesehatan.

Perhatikan ventilasi lingkungan sekitar

Kuman lepra bertahan hidup di luar tubuh manusia selama 24-48 jam atau bisa lebih, bergantung dengan suhu di sekitarnya. Karena semakin panas udara di luar, semakin cepat kuman lepra akan mati. Jadi, perhatikan ventilasi di rumah atau lingkungan sekitar. Pastikan sinar matahari bisa masuk ke dalam, terutama jika tinggal di daerah yang lembap.

Hindari berpergian ke daerah endemik kusta

Apabila berencana melakukan perjalanan, perhatikan keadaan daerah yang Anda kunjungi. Beberapa negara berikut ini di laporkan memiliki 1.000 kasus baru penyakit kusta oleh WHO pada tahun 2011-2015.

Pengawasan

Jika ada keluarga yang mengalami kusta, ingatkan untuk mengonsumsi obat hingga sembuh. Mengonsumsi obat dan kontrol ke dokter atau fasilitas kesehatan secara rutin dapat memutus rantai penularan kusta. Pengobatan yang rutin ini bisa mencegah terjadinya kecacatan yang permanen pada penderita kusta.

Pakai masker dan jaga kebersihan

Menggunakan masker apabila kontak dengan penderita dapat membantu Anda untuk mencegah penularan kuman lepra. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan seperti cuci tangan setelah melakukan kontak dengan penderita penyakit kusta.

 

*Dari berbagai sumber

 

 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
TIPS: Melindungi Keluarga dari Penularan Kusta