14/10/2022 11:35:55
Info Kesehatan

Momentum Edukasi, Hari Cuci Tangan Sedunia Diperingati Besok

Foto: Ilustrasi/Pxfuel

Setiap tahunnya kita memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day (GHD). Tahun ini mengusung tema Unite for Universal Hand Hygiene yang artinya bersatu untuk kebersihan.

Melansir Tribunnews, Hari Cuci Tangan Sedunia pertama kali diperingati pada 2008. Peringatan ini diinisasi oleh The Global Handwashing Partnership (GHP) melalui kampanyenya yang mengajak 120 juta anak dari 70 negara untuk mencuci tangan menggunakan sabun secara bersama-sama.

Hari Cuci Tangan Sedunia ini untuk mengedukasi kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya mencuci tangan menggunakan sabut secara efektif untuk mencegah penyakit. Mencuci tangan menggunakan sabun juga akan membunuh kuman yang ada di tangan sebagai salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat sering digunakan. 

Mengutip dari globalhandwashing.org, visi dari GHP yakni agar cuci tangan menggunakan sabun dapat dipraktikan di seluruh dunia. Mencuci tangan menggunakan sabun akan sangat efektif jika dilakukan secara teratur.

Seperti halnya setelah menggunakan toilet dan sebelum mengambil makanan menggunakan tangan. Secara garis besar dengan mencuci tangan menggunakan sabun akan mengurangi risiko penyakit diare maupun radang paru-paru, mencegah penyebaran penyakit yang diakhibatkan virus seperti influenza, ebola, dan Covid-19.

Berikut ini cara tepat mencuci tangan menggunakan sabun yang dikutip dari kemkes.go.id:

-Basahi tangan dengan air bersih dari keran

-Kemudian gunakan sabun pada tangan

-Gosok telapak tangan satu persatu

-Gosok bagian punggung tangan dan sela-sela jari

-Gosok telapak tangan dan sela jari dengan posisi bertautan

-Selanjutnya, gosok punggung jari telapak tangan

-Genggam dan basuh ibu jari menggunakan air dengan posisi memutar

-Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar kuku terkena sabun

-Kemudian, basuh dan gosok tangan yang terkena sabun menggunakan air bersih

-Keringkan tangan menggunakan lap bersih atau tisu

-Terakhir, bersihkan pemutar keran menggunakan tisu atau lap bersih

Mencuci tangan menggunakan sabun sangatlah penting untuk melindungi diri dan mencegah penularan virus corona maupun virus lainnya Hal itu terbukti efektif untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh kita, apalagi kita sering melakukan hal tanpa disadari.

Hal tanpa disadari seperti kita menyentuh bagian mata, hidung, hingga mulut yang dapat menyebabkan virus masuk ke dalam tubuh. Apalagi virus dengan mudah berpindah tempat seiring yang kita sentuh menggunakan tangan. Seperti halnya pada pegangan tangga, eskalator, permukaan meja, gagang pintu, smartphone, dan lain sebagainya. (*)

*Dari berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Momentum Edukasi, Hari Cuci Tangan Sedunia Diperingati Besok