21/12/2022 14:56:05
Info Kesehatan

Mau Menurunkan Berat Badan? Rutinlah Jalan Kaki!

Foto: Ilustrasi/Internet

Jangan remehkan manfaat jalan kaki. Jenis olahraga yang satu ini, selain paling murah, manfaatnya juga sangat besar untuk kesehatan fisik dan mental, termasuk menurunkan berat badan.


Tentu saja manfaat jalan kaki hanya bisa didapatkan jika kamu melakukannya secara rutin dan disiplin. Jangan lupa memadukannya dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya serat dan protein.

Melansir Mayo Clinic, jalan kaki memang akan menurunkan berat badan, tetapi bergantung pada durasi, intensitas, serta pola makan. Melakukan olahraga jalan kaki saja tidak akan cukup untuk menurunkan berat badan jika tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat.

Sedangkan beberapa sumber memiliki infromasi yang berbeda untuk durasi dan intensitas jalan kaki yang perlu dilakukan. Menurut Healthline, jalan kaki perlu dilakukan setidaknya satu jam sehari untuk berhasil membakar kalori.

Sedangkan menurut Verywell Fit, jalan kaki perlu dilakukan setidaknya 30 menit setiap 5 kali seminggu untuk bisa menurunkan berat badan. Meskipun terdapat perbedaan pendapat, jalan kaki tetap memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

Jika ingin lebih efektif, maka intensitas dan durasi perlu ditambah. Mengurangi asupan karbohidrat juga disarankan agar berat badan semakin berkurang.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa cara menurunkan berat badan dengan berjalan kaki, seperti:

-Menambah kecepatan ketika berjalan kaki

-Menggunakan beban tambahan seperti rompi pemberat

-Memilih jalan yang menanjak

-Memperhatikan posisi tubuh ketika berjalan

-Menggabungkan dengan jenis olahraga yang lain, seperti squat hingga pushup

-Mengganti interval jalan kaki, mulai dengan kecepatan normal, semakin cepat, dan kembali normal lagi

-Membagi frekuensi jalan kaki dalam sehari, seperti setelah sarapan, makan siang, dan makan malam

-Menambah jumlah langkah secara berkala

-Melakukan olahraga jalan kaki untuk menurunkan berat badan tidak akan berhasil jika hanya dilakukan sekali atau dua kali saja. Untuk memetik manfaat jalan kaki untuk menurunkan berat badan, mulailah dengan setidaknya 10 menit sehari lalu tingkatkan intensitasnya secara berkala.

*Dari berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Mau Menurunkan Berat Badan? Rutinlah Jalan Kaki!