17/01/2023 12:25:05
Info Kesehatan

Waspadai Kondisi ’’Popcorn Lung’’ Efek Vape!

Foto: Ilustrasi/Internet

Vape atau rokok elektrik dewasa ini semakin populer, terutama di kalangan anak muda. Banyak yang meyakini bahwa vape lebih aman dibandingkan rokok biasa, padahal justru dapat memicu gangguan pernapasan yang disebut ’’popcorn lung’’. Seperti apa?

Spesialis paru RS Persahabatan dan Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K), istilah ’’popcorn lung’’ kemungkinan mengacu pada putih-putih yang timbul di paru-paru akibat inflamasi, khususnya pada pengguna vape dan rokok elektrik. Menurutnya, penggunaan vape pun bisa memicu penyakit pernapasan layaknya rokok konvensional.

’’Vape itu uap yang dihisap sehingga masuk ke paru-paru atau saluran napas yang ada uapnya akan menimbulkan inflamasi. Iritasi di saluran napas sehingga kemudian menjadi batuk-batuk dan pada pasien-pasien asma atau PPOK akan terjadi sesak," tuturnya dalam diskusi daring seperti dikutip dari Detik Health.

’’Kemudian kalau sampai timbul peradangan, itu ada bercak-bercak. Karena bercaknya itu disebut seperti putih-putih seperti popcorn,’’ katanya menambahkan.

Mengacu pada penelitian, kadar nikotin dan zat berbahaya pada vape dan rokok elektrik terhitung lebih rendah dibandingkan rokok batangan atau konvensional. Akan tetapi, karena pengguna vape cenderung akan menghisap berkali-kali, maka paparan nikotin yang masuk ke dalam tubuh pada akhirnya akan sama saja dengan penggunaan rokok biasa.

Dokter Erlina menjelaskan, paparan nikotin dari 30 hisapan vape sebenarnya sama saja dengan 1 batang rokok yang dibakar.

’’Ini tidak bisa menggantikan rokok biasa dan bukan modalitas untuk berhenti merokok. Kenapa? Karena rokok elektrik ini awalnya waktu pertama kali diciptakan memang didesain untuk transisi para perokok yang biasa untuk berhenti merokok. Ya sudah pakai vape dulu yang diinhalasi karena kadarnya dibikin rendah. Komponennya juga nggak sebanyak rokok,’’ ujarnya. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Waspadai Kondisi ’’Popcorn Lung’’ Efek Vape!