23/03/2023 11:59:35
Info Kesehatan

Puasa kok Loyo? Lakukan 10 Langkah Ini Biar Badan Tetap Bugar!

Foto: Ilustrasi/Freepik

Menjaga kesehatan selama berpuasa adalah hal yang sangat penting agar tubuh tetap fit dan bugar. Nah, bagaimana caranya?

Kesehatan adalah faktor penting untuk menjalani sebulan penuh puasa Ramadan. Tubuh yang tidak fit atau sakit tentunya dapat mengganggu jalannya ibadah wajib ini.

Supaya tetap sehat dan bugar, berikut adalah beberapa tips puasa sehat yang dilansir dari laman SehatQ:

1. Minum air putih yang cukup

Penuhi asupan air putih engan baik di luar waktu puasa. Anda bisa minum air putih saat berbuka, sahur, dan diantara keduanya. Orang dewasa dianjurkan untuk minum 2 liter air putih supaya tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini juga bermanfaat untuk mengatasi lemas saat puasa.

2. Hindari bermalas-malasan

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan, khususnya buat kamu yang berada di rumah. Para ahli bahkan menyarankan untuk tetap jalan kaki di sekitar rumah atau bermeditasi. Tidak hanya baik untuk tubuh, aktivitas fisik yang tidak terlalu berat ini bisa membantumu melupakan rasa lapar, lho. Namun, jangan gunakan terlalu banyak energi selama melakukannya supaya kamu tetap kuat menjalani puasa hingga waktunya berbuka.

3. Jangan kalap saat berbuka puasa

Banyak orang yang makan secara berlebihan saat berbuka puasa. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena bisa membuat perut merasa kembung, kelelahan, hingga ngantuk setelah makan. Cara terbaik untuk berbuka puasa adalah melahap makanan secukupnya supaya tubuh tidak 'kaget'.

4. Mengonsumsi protein

Asupan kalori tubuh umumnya berkurang saat berpuasa. Hal ini bisa menyebabkan otot-otot tubuh menyusut. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi sebagai tips berpuasa. Konsumsi makanan berprotein tinggi selama sahur dan buka puasa dinilai mampu mengurangi penyusutan otot saat puasa. Ada banyak makanan berprotein tinggi yang bisa Anda konsumsi, seperti edamame (9 gram protein per satu cangkir), dada ayam (27 gram protein), hingga Greek yogurt (11 gram protein).

5. Mengonsumsi makanan alami

Konsumsi jenis makanan ini bahkan dianggap bisa mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit kronis lainnya. Makanan alami yang dimaksud adalah buah-buahan, sayur-mayur, hingga daging sapi atau ayam murni (bukan olahan).

6. Melakukan olahraga ringan

Berolahraga adalah aktivitas menyehatkan yang sangat direkomendasikan selama berpuasa. Pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat, seperti jalan kaki, yoga, atau sekadar melakukan pekerjaan rumah (mencuci, menyapu, atau menyiram kebun). Berolahraga ringan merupakan kunci agar tetap fit saat berpuasa.

7. Hindari konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan

Gula memang bisa memberikan energi, tapi energi yang diberikan hanya bersifat sementara. Misalnya, kamu makan banyak kue kering atau minum es teh manis saat sahur. Energi dari asupan ini diperkirakan hanya bisa bertahan selama 2 jam. Saat gula darah mulai menurun, kamu pun bisa jadi lapar dan lesu. Kamu lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, seperti nasi, kentang, atau pasta, untuk mengatasi lemas saat puasa. Begitu pula dengan makanan berprotein tinggi, misalnya daging dan kacang-kacangan.

8. Hindari konsumsi makanan berminyak secara berlebihan

Gorengan merupakan salah satu takjil yang enak dan mudah didapatkan. Sayangnya, makanan ini tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, salah satu tips Ramadan sehat yang perlu kamu lakukan adalah batasi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba teknik memasak lain untuk membuat menu buka puasa sehat.

9. Tidur yang cukup

Mengantuk adalah salah satu masalah umum saat menjalani puasa. Hal ini sebenarnya bukan disebabkan kurangnya asupan makanan, melainkan karena kurang mendapatkan istirahat yang cukup. Penyebabnya adalah pola tidur yang sedikit berubah. Kamu akan bangun lebih awal untuk sahur sehingga waktu tidur malam kemungkinan menjadi lebih sedikit. Karena itu, buatlah tidur malam berkualitas untuk menjaga tubuh tetap bugar, misalnya dengan tidur lebih awal. Jika memang ada waktu untuk tidur siang, jangan disia-siakan, ya.

10. Berkonsultasi dengan dokter

Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu dan menjalani pengobatan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Beberapa obat yang diresepkan dokter untuk menangani masalah tertentu, misalnya obat antikejang, harus tetap diminum untuk mencegah kemunculan gejalanya. Begitu pula dengan obat-obatan antibiotik yang biasanya harus diminum setelah makan. Saat berpuasa, otomatis jadi tidak bisa mengonsumsinya. Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan masalah, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Ingat, tips yang satu ini tidak boleh dilupakan! (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Puasa kok Loyo? Lakukan 10 Langkah Ini Biar Badan Tetap Bugar!