22/05/2023 12:53:14
Info Kesehatan

Setara dengan ASI, Susu Kambing dapat Dikonsumsi Anak Balita

Foto: Ilustrasi/Depositphotos

Ternyata, susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan setara dengan air susu ibu. Susu kambing juga dapat diberikan pada anak balita yang sudah berusia lebih dari enam bulan.

Melansir Klikdokter, susu kambing untuk balita dapat memberi manfaat, misalnya meningkatkan daya tahan anak. Berikut beberapa manfaat susu kambing untuk balita:

-Membantu menjaga fungsi usus

-Menjaga sistem kekebalan tubuh berkat selenium di dalam susu kambing, minum secara rutin bisa mencegah risiko penyakit infeksi

-Trigliserida dan asam lemak di dalam susu kambing bantu menjaga kelembapan kulit

-Vitamin A pada susu kambing dukung perbaikan sel-sel kulit

-Asam laktat susu kambing membantu membersihkan sel-sel kulit mati

Beberapa penelitian mengatakan susu kambing tergolong lebih ’’bersahabat’’ soal alergi dibandingkan susu sapi. Jika balita alergi susu sapi, mungkin saja tidak demikian dengan susu kambing.

Meski begitu, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua sebelum memberikan susu kambing untuk balita. Setidaknya, orang tua perlu mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak.

Tindakan ini dilakukan agar susu kambing benar-benar mampu memberikan pasokan gizi yang sepenuhnya bermanfaat untuk si kecil. Jika balita tidak memiliki masalah alergi susu apa pun termasuk susu kambing, yang perlu diperhatikan adalah proses penyajiannya.

Jangan berikan susu kambing yang baru diperah kepada balita. Susu kambing baru diperah berisiko terkontaminasi bakteri. Jadi, berikan anak susu kambing yang sudah dipasteurisasi atau dalam bentuk UHT.

Memberikan susu kambing untuk balita boleh saja. Namun, susu kambing memiliki kandungan asam folat yang rendah dibandingkan susu sapi.

Kalau ingin memberikan susu kambing sebagai pengganti susu sapi kepada balita, ia bisa berisiko mengalami anemia. Jenis anemia karena kekurangan asam folat adalah anemia megaloblastik.

Ahli Susu Kambing dari Dairy Goat Co-operative (DGC) New Zealand, Dr. Liz Carpenter, menjelaskan susu kambing secara alami mengandung protein A2 beta casein. Susu ini memiliki struktur yang lebih lembut dan mudah dicerna oleh anak-anak.

"Susu kambing juga mengandung zat bioaktif alami Nukleotida yang berperan dalam perkembangan sistem imun. Khususnya pembentukan antibodi pasca-vaksinasi," terang Dr. Liz seperti dikutip dari Sindonews.

Ia mengatakan bahwa kelebihan itulah yang membedakan susu kambing dengan susu lain. Selain itu, berdasarkan hasil uji klinis yang dilakukan terhadap 300 anak di Adelaide, Australia, menunjukkan hasil mengejutkan lainnya. "Anak yang minum susu kambing formula mengalami pertumbuhan berat badan yang normal dan pencernaan yang lebih sehat," ucapnya. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Setara dengan ASI, Susu Kambing dapat Dikonsumsi Anak Balita