25/05/2023 16:31:31
Info Kesehatan

Memahami Penyebab Utama Gagal Ginjal dan Gejalanya

Foto: Ilustrasi/Dok

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal. Kerusakan organ ini berisiko tinggi terjadi pada orang yang memiliki penyakit tertentu atau kebiasaan yang kurang sehat. Apa saja yang bisa menjadi penyebabnya?

Dunia hiburan internasional kembali dikejutkan dengan kabar kematian ratu rock 'n' roll, Tina Turner, di usianya yang ke- 83 tahun pada Rabu (24/5), di Swiss. Sebelum menemui ajalnya, Tina sempat bercerita melalui akun Instagram resminya, bahwa ia sudah berbulan-bulan menderita gagal ginjal tanpa rasa sakit.

Postingan itu dibagikan pemenang Grammy 12 kali tersebut pada 9 Maret 2023 untuk memperingati Hari Ginjal Sedunia.

"Saya telah menempatkan diri saya dalam bahaya besar dengan menolak menghadapi kenyataan yang saya butuhkan setiap hari, [yakni] terapi seumur hidup dengan pengobatan. Terlalu lama saya percaya bahwa tubuh saya adalah benteng yang tak tersentuh dan tidak bisa dihancurkan," ujarnya dalam postingan tersebut seperti dikutip oleh detikcom.

Ia pun mengajak para penggemarnya untuk lebih menjaga dan mencintai ginjal mereka. Dalam foto yang diunggah, tertulis pula kalimat peringatan kepada seluruh pengikutnya.

"Jika saya tahu bagaimana tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal terhubung, saya akan terhindar dari banyak penderitaan," sebutnya.

Diketahui, Tina Turner mengidap banyak penyakit dalam beberapa tahun terakhir, termasuk stroke, kanker usus, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, dan stres pascatrauma dari hubungannya dengan Ike Turner. Riwayat panjang penyakitnya pun disebut sebagai penyebab dari kematian penyanyi legendaris ini.

Belajar dari apa yang dialami Tina Turner, sebelum terlambat ada baiknya kita mengetahui penyebab gagal ginjal dan faktor risikonya. Melansir Alodokter, gagal ginjal adalah kondisi ketika ginjal mengalami kerusakan dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Gagal ginjal biasanya merupakan tahap akhir dari penyakit ini. Artinya, kerusakan pada ginjal sudah cukup berat atau berlangsung lama.

Faktor Risiko

Secara umum, gagal ginjal disebabkan oleh tiga hal, yaitu kerusakan langsung pada ginjal, kurangnya pasokan darah ke ginjal, dan penyumbatan pada ginjal atau saluran kemih. Berdasarkan klasifikasi penyakitnya, gagal ginjal bisa dibedakan menjadi dua jenis utama, yakni gagal ginjal akut dan kronis.

Gagal ginjal akut adalah kerusakan ginjal berat yang baru terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut, diantaranya:

-Berkurangnya aliran darah pada ginjal, misalnya karena perdarahan dan dehidrasi berat atau syok

-Cedera parah pada ginjal.

-Luka bakar yang parah

-Penyakit tertentu, seperti glomerulonefritis, infeksi ginjal, penyakit jantung, serangan jantung, gagal hati, batu ginjal, hingga kanker ginjal

-Komplikasi hipertensi akibat hipertensi berat yang tidak diobati

-Infeksi parah, seperti sepsis

-Alergi parah atau anafilaksis

-Baru menjalani operasi besar

Selain beberapa hal di atas, gagal ginjal akut juga bisa disebabkan oleh interaksi obat, overdosis obat-obatan, atau efek samping obat-obatan tertentu, seperti kemoterapi, obat antiradang (OAINS), antibiotik, litium, obat atau suplemen herbal, dan zat kontras yang digunakan pada pemeriksaan radiologis, seperti CT scan dan MRI. Terkadang, penumpukan zat tertentu di dalam tubuh, misalnya asam oksalat, juga bisa menimbulkan gagal ginjal akut.

Gagal ginjal kronis terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan dalam jangka panjang, sehingga lama-kelamaan ginjal mengalami kerusakan yang berat dan permanen. Seseorang dikatakan mengalami gagal ginjal kronis apabila kerusakan pada ginjal yang dialaminya sudah lebih dari tiga bulan.

Berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan gagal ginjal kronis:

-Menderita diabetes atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol

-Memiliki penyakit autoimun, seperti penyakit lupus

-Menderita penyakit ginjal, seperti penyakit ginjal polikistik, sindrom nefritis, glomerulonefritis, batu ginjal, atau infeksi ginjal berulang

-Memiliki gangguan pada prostat

-Memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga

-Mengalami obesitas

-Memiliki kebiasaan merokok

Ragam keluhan

Saat mengalami gagal ginjal akut maupun kronis, seseorang dapat mengalami beberapa keluhan berikut:

-Bengkak-bengkak di wajah dan tubuh

-Frekuensi berkemih menjadi lebih jarang atau justru tidak berkemih sama sekali

-Sesak napas

-Letih dan kurang bertenaga

-Mual dan muntah

-Berkurangnya nafsu makan

-Sulit berkonsentrasi

-Sering mengantuk

-Kulit pucat

-Kejang

-Penurunan kesadaran atau koma

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Memahami Penyebab Utama Gagal Ginjal dan Gejalanya