30/08/2023 15:11:33
Mengenal Dampak Gigi Bungsu (2)

Jika Mengalami Impaksi, Sebaiknya Segera Lakukan Pencabutan

Foto: Ilustasi/Dokcil

Sebagai gigi yang keluar paling akhir, terkadang gigi bungsu tidak mendapat ruang yang cukup untuk tumbuh atau keluar dari gusi. Kondisi ini menyebabkan impaksi, dan perlu dilakukan penanganan serius. Seperti apa?

Kondisi impaksi ini akan meningkatkan risiko terjadinya sakit gigi dan sakit gusi. Oleh karena itu, gigi bungsu yang mengalami impaksi perlu segera diperiksa sehingga dapat ditangani dengan cara dicabut oleh dokter gigi.

Melansir laman Alodokter, biasanya dokter gigi akan menanyakan gejala yang dirasakan dan kondisi kesehatan pasien. Setelah itu, dokter akan memeriksa gigi dan mulut pasien untuk mengetahui kondisi gigi bungsunya.

Selanjutnya, dokter akan melakukan pemindaian dengan rontgen gigi. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan posisi dan kondisi gigi yang mengalami impaksi.

Pengobatan gigi bungsu yang mengalami impaksi akan disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Pada impaksi gigi bungsu yang tidak menimbulkan gejala apa pun, dokter dapat melakukan dua hal, yaitu hanya memantau kondisi gigi bungsu secara rutin atau melakukan cabut gigi untuk menghindari permasalahan di kemudian hari.

Jika impaksi gigi bungsu menimbulkan gejala, dokter akan segera mencabut gigi bungsu yang mengalami impaksi. Setelah prosedur cabut gigi, pasien dapat merasakan sejumlah efek samping yang umumnya merupakan efek samping dari penggunaan obat bius, seperti nyeri, pembengkakan pada wajah dan mulut, rahang terasa kaku, dan mulut terasa kesemutan.

Selama masa pemulihan, dokter dapat memberikan obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan paracetamol. Selain itu, dokter juga akan menganjurkan pasien untuk tidak merokok, menghindari minuman beralkohol, mengonsumsi makanan yang lembut atau cair.

Masa pemulihan setelah dilakukan pencabutan gigi ini bisa bervariasi, umumnya sekitar 2 minggu. Selama masa pemulihan, dokter akan memantau kondisi gusi pasien untuk memastikan tidak ada komplikasi, seperti infeksi atau nyeri hebat akibat peradangan pada tulang rahang (alveolar osteitis).

Komplikasi Gigi Bungsu

Jika tidak mendapatkan perawatan dengan baik, gigi bungsu yang mengalami impaksi dapat memicu berbagai komplikasi berikut:

-Infeksi

-Gigi busuk

-Gigi berlubang

-Gigi bertumpuk

-Kista gigi

-Perikoronitis, yaitu peradangan gusi dan gigi bungsu

 

Nah, kalau kamu mengalami gejala impaksi pada gigi bungsu, segeralah berkonsultasi ke dokter sebelum terjadi komplikasi. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Mengenal Dampak Gigi Bungsu (2): Jika Mengalami Impaksi, Sebaiknya Segera Lakukan Pencabutan