28/09/2022 10:56:58
Info Kesehatan

Rutin Periksa Kesehatan Jantung, Bantu Deteksi Dini Masalah dan Risikonya

Foto: Ilustrasi/DepositPhotos

Jantung adalah salah satu organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia dan berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Karena itu, menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung melalui medical check up secara berkala.

Mengapa cek kesehatan jantung sangat penting? Seperti diketahui, kesehatan jantung tak bisa terpantau secara kasatmata. Dengan memeriksakannya secara teratur, dokter dapat memantau kesehatan jantung dan menemukan potensi suatu masalah lebih awal sebelum berkembang menjadi lebih serius.

Berikut manfaat medical check up jantung:

-Mendeteksi potensi masalah atau penyakit jantung sejak dini

-Mengurangi kemungkinan masalah menjadi lebih serius

-Mendapat perawatan yang tepat dengan cepat

-Meningkatkan dan menjaga kesehatan seluruh tubuh

-Memperoleh gambaran kondisi kesehatan dari waktu ke waktu

-Mencegah pengeluaran lebih banyak untuk merawat penyakit di kemudian hari

Dengan rutin menjalani pengecekan kesehatan, kita akan memahami kondisi jantung sendiri. Pemahaman ini penting, terutama bila ada masalah atau risiko penyakit jantung yang didapati dari pemeriksaan. Dokter spesialis jantung akan memberi bantuan untuk mengelola risiko itu, misalnya dengan obat-obatan, terapi, dan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memeriksa kesehatan jantung?

Menurut American Heart Association, nyatanya orang-orang yang telah memasuki usia 20 tahun perlu melakukan pemeriksaan kesehatan jantung. Biasanya, pemeriksaan kesehatan jantung akan dilakukan oleh dokter spesialis jantung.

Ada beberapa pemeriksaan yang disarankan oleh dokter di awal pemeriksaan kesehatan jantung. Mulai dari riwayat kesehatan secara menyeluruh, kesehatan kardiovaskular, hingga faktor risiko yang bisa memicu gangguan jantung. Misalnya, memeriksa tekanan darah, kadar gula darah, berat badan, gaya hidup tertentu, hingga penggunaan alkohol.

Dengan mengetahui hal tersebut, dokter spesialis jantung dapat menyarankan untuk pemeriksaan lanjutan yang perlu dilakukan. Jangan lupa untuk memberi tahu dokter spesialis jantung jika kamu pernah mengalami beberapa gejala yang terkait dengan gangguan jantung, seperti nyeri atau tidak nyaman pada bagian dada; gangguan detak jantung menjadi lambat atau lebih cepat; sesak napas; pusing; kelelahan; bengkak pada bagian kaki maupun perut.

Umumnya, pemeriksaan kesehatan jantung setiap 2–4 tahun sekali jika kamu tidak mengalami gejala secara rutin atau faktor risiko. Namun, pemeriksaan kesehatan jantung bisa saja dilakukan sesuai dengan saran dokter, apalagi jika kamu memiliki faktor risiko, riwayat gangguan jantung, atau memiliki ciri-ciri otot jantung mengalami gangguan.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Rutin Periksa Kesehatan Jantung, Bantu Deteksi Dini Masalah dan Risikonya