15/11/2022 15:15:05
Info Kesehatan

Kasus Covid-19 Naik Lagi, Begini Cara Mencegah Penularannya

Foto: Masker menjadi salah satu upaya paling efektif mencegah penularan Covid-19/Dokcil

Seperti diberitakan, kasus Covid-19 di berbagai negara termasuk Indonesia, saat ini kembali meningkat. Subvarian Omicron XBB menjadi salah satu pemicunya. Bagaimana cara mencegahnya?

Melansir detikcom, berikut lima cara pencegahan yang dapat dilakukan setiap orang agar tidak terinfeksi:


1. Mendapatkan Vaksin Booster
Vaksin booster atau dosis ketiga merupakan salah satu cara untuk mencegah varian Omicron XBB. Program ini sangat berguna sebagai upaya pengembalian imunitas tubuh dan proteksi klinis yang menurun.

Sebagaimana diketahui, titer antibodi yang didapatkan masyarakat pasca vaksinasi Covid-19 terpantau mengalami penurunan selama beberapa bulan ke depan, sehingga dibutuhkan vaksin booster untuk memberikan perlindungan tambahan.

Adapun vaksin booster bisa didapatkan dengan sejumlah syarat, yaitu masyarakat harus berusia 18 tahun dan telah mendapatkan vaksin dosis lengkap (1 dan 2) dengan jarak 3 bulan bisa mendapat vaksin booster.

2. Jangan Lupa Mencuci Tangan
Cara mencegah varian Omicron XBB berikutnya adalah rutin mencuci tangan. Mungkin cara ini terdengar sangat sederhana, namun memberikan dampak yang sangat besar untuk kita.

Sering mencuci tangan dapat mencegah risiko penularan virus Covid-19, termasuk Omicron XBB. Bahkan, mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer dapat membunuh kuman penyakit yang menular melalui tangan.

3. Menjaga Pola Hidup Sehat hingga Makan Makanan Bergizi
Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah, sayur, dan vitamin dengan pola yang teratur. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan aktivitas fisik di rumah, seperti yoga, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki di sekitar rumah selama 15 menit.

Sebab, cara-cara ini berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar terhindar dari risiko terpapar virus Corona, termasuk Omicron XBB.

4. Memakai Masker
Usahakan selalu menggunakan masker apabila berpergian keluar rumah atau ke tempat keramaian. Pasalnya, menggunakan masker dapat mengurangi risiko penularan.

Hal terpenting yang perlu diingat saat menggunakan masker adalah pastikan benar-benar menutup mulut dan hidung ya.

Lantas jenis masker apa yang bisa digunakan? Menurut para ahli kesehatan di Amerika Serikat, ada dua jenis masker yang menjadi pilihan terbaik melawan varian Omicron, yaitu masker jenis N95 dan KN95.

5. Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan
Apabila harus berpergian ke suatu tempat yang ramai, usahakan menjaga jarak dan menghindarinya untuk mengurangi risiko penularan Covid-19, termasuk Omicron.

Meskipun di beberapa kasus gejala Omicron XBB terbilang lebih ringan daripada varian Covid-19 lainnya, namun ada baiknya menerapkan sejumlah upaya pencegahan untuk menghindari risiko penularan. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Kasus Covid-19 Naik Lagi, Begini Cara Mencegah Penularannya