10/03/2023 13:09:20
TIPS

Mau Ginjal Tetap Sehat? Yuk Rutin Konsumsi 9 Jenis Makanan Ini!

Foto: Blueberries adalah salah satu jenis makanan yang sehat untuk ginjal/Ilustrasi

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Nah, ada lho beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal kita. Apa saja?

Fungsi ginjal untuk kesehatan tubuh manusia sangat banyak. Salah satunya adalah untuk menyaring darah dan membuang limbah dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urine. Organ kembar ini juga bertugas mengontrol keseimbangan cairan tubuh dan menjaga kadar elektrolit.

Apabila kesehatan ginjal tak dijaga, organ ini akan berisiko terkena penyakit ginjal. Sakit ginjal merupakan istilah yang menggambarkan gangguan pada ginjal. Penyakit ini dapat mengganggu fungsi ginjal untuk menyaring dan membersihkan racun atau sisa-sisa limbah dari darah.

Terdapat dua jenis penyakit ginjal, yaitu penyakit ginjal akut dan kronik. Penyakit ginjal akut adalah kondisi ketika ginjal tidak dapat menyaring sisa-sisa makanan dari darah. Sementara, penyakit ginjal kronik adalah kondisi ketika ginjal mengalami kerusakan dan tidak dapat menyaring darah sebagaimana mestinya.

Adapun faktor umum penyebab sakit ginjal, yakni kencing manis dan darah tinggi. Hal ini disampaikan oleh dr Jonny, SpPD-KGH, MKes, MM, DCN, FINASIM dari RSPAD Gatot Subroto.

"Pada orang dewasa, ginjal kronik itu kebanyakan penyebabnya adalah kencing manis dan darah tinggi, penyebab lain batu ginjal, lupus, ada juga yang tidak diketahui. Penyakit kencing manis mencapai 30 persen dari pasien yg menjalani cuci darah. Hipertensi 25 persen. Dua hal ini sudah berkontribusi 55 persen dari jumlah pasien yg menjalani cuci darah," ujarnya seperti dikutip dari detikcom.

Maka dari itu, untuk mencegah risiko terkena penyakit ginjal, diperlukan kesadaran sejak dini.

"Sebetulnya untuk awareness itu seharusnya diterapkan dari usia dini, usia muda. Karena kini sudah bergeser. Kalau orang tua memang sejak usia 45 tahun kita akan mengalami penurunan fungsi ginjal, 1 persen per tahun, ini alami, apalagi kalau ada kencing manis sama darah tinggi bakal lebih cepat. Tetapi sekarang bergeser dengan makanan yang tinggi garam, msg. Usia muda banyak yang mengalami ginjal kronik," ungkapnya.

Salah satu mencegah risiko terkena penyakit ginjal, yakni menghindari makanan yang tinggi garam dan protein. Selain itu, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk menyehatkan ginjal.

"Tentunya makanan hindari yang tinggi garam dan protein karena dua-duanya beban buat ginjal. Kalau minuman air putih cukup untuk menjaga ginjal," jelas dr Jonny.

Adapun makanan tersebut diantaranya:

-Blueberries

-Anggur merah

-Putih telur

-Kubis

-Ayam fillet

-Paprika

-Arugula

-Nanas

-Jamur shitake

Selain makanan, pastikan untuk minum air putih yang cukup. Jika senang meminum minuman manis atau berenergi, pastikan untuk mengimbanginya dengan air putih. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
TIPS: Mau Ginjal Tetap Sehat? Yuk Rutin Konsumsi 9 Jenis Makanan Ini!