14/03/2023 13:07:49
Info Kesehatan

Waspadai Modus Pencurian Data Pribadi Melalu Link SATUSEHAT!

Foto: Ilustrasi/Internet

Sejak 1 Maret 2023, aplikasi PeduliLindungi resmi berganti nama dengan SATUSEHAT yang otomatis ter-update jika pengguna membukanya. Jadi, jika Anda menerima pesan berisi link update aplikasi SATUSEHAT, abaikan saja karena hal tersebut justru mencuri password atau data yang tersimpan di ponsel.

Imbauan kehatian-hatian ini disampaikan oleh pihak Kementerian Kesehatan RI. "Alih-alih memperbarui aplikasi SATUSEHAT, link tersebut justru mencuri password atau data yang tersimpan di ponsel pengguna," terang Kemenkes RI dalam keterangan resmi seperti dikutip dari detikcom Selasa (14/3/2023).

Kemenkes RI memastikan pihaknya tidak pernah mengirim link WhatsApp terkait update aplikasi SATUSEHAT. Adapun nomor resmi Kemenkes RI ditandai dengan verifikasi centang biru, selebihnya nomor yang mengatasnamakan keterangan Kemenkes RI di luar tanda tersebut sebaiknya diabaikan.

"Update SATUSEHAT Mobile diproses secara otomatis atau manual melalui Play Store atau App Store. Sementara untuk nomor WhatsApp Kemenkes adalah 0811 10 500 567 dengan centang hijau," demikian keterangan tertulis.

Sebelumnya, penggunaan aplikasi SATUSEHAT sempat mengalami gangguan lantaran banyak pengguna mengakses aplikasi dalam waktu bersamaan. Namun, dipastikan aplikasi terkait sudah bisa kembali dipakai seiring dengan keluaran versi terbaru (5.2.1).

Bila pengguna mengalami kendala, masyarakat diminta menyampaikan keluhan melalui WhatsApp 0811 10 500 567, email [email protected], atau Direct Message di media sosial SATUSEHAT Mobile, di Twitter @SATUSEHAT dan Instagram @satusehat_id.

Fungsi tetap sama

Dibandingkan dengan PeduliLindungi, aplikasi SATUSEHAT ini memiliki fungsi yang hampir sama, yakni seperti sertifikat vaksin, cek riwayat vaksin, hasil tes Covid-19, dan sebagainya. Perbedaan dari kedua aplikasi tersebut terlihat dari tampilan dan juga penempatan fiturnya.

Buat Anda yang aplikasinya masih berupa PeduliLindungi, yuk buruan melakukan pembaruan di Play Store maupun App Store. Berikut cara melakukan pembaruan aplikasi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT di ponsel:

1. Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi di Ponsel.

2. Kemudian buka aplikasi AppStore ataupun Play lalu cari aplikasi 'SATUSEHAT Mobile' atau 'Peduli Lindungi' pada kolom pencarian.

3. Setelah kamu menemukannya, pilih untuk 'Perbarui'. Kamu diharapkan menunggu beberapa saat selama proses update selesai.

4. Apabila sudah berhasil ter-update, logo dan juga nama aplikasi akan berubah menjadi SATUSEHAT.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Waspadai Modus Pencurian Data Pribadi Melalu Link SATUSEHAT!