23/07/2014 12:13:55
23 Juli

Memaknai Hari Anak Nasional

Hallo sobat Dokterkecil.com, tau ngga hari ini tanggal 23 Juli 2014 itu Indonesia memperingati hari apa? Yuupss betul sekali, setiap tanggal 23 Juli, Indonesia merayakan Hari Anak Nasional (HAN) sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada 19 Juli 1984.
 

Peristiwa hari anak ini penting untuk menciptakan kepedulian dan partisipasi seluruh bangsa Indonesia dalam menghormati, menghargai, dan menjamin semaksimal mungkin keamanan, kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak. Peringatan HAN juga merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran anak akan hak, kewajiban dan tanggung jawabnya kepada orangtua, masyarakat, serta kepada bangsa dan Negara.


Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) pada dasarnya merupakan peristiwa yang penting untuk menciptakan kepedulian maupun partisipasi seluruh Rakyat Indonesia dalam menghormati dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, memberikan yang terbaik bagi anak, menjamin semaksimal mungkin kelangsungan hidup, keamanan dan perkembangan anak serta menghargai pendapat anak.


Setiap tahun kita selalu menyelenggarakan peringatan hari anak nasional. Sebagian anak-anak merasa gembira dan suka cita bersama teman-temannya karena banyak acara dan peristiwa seru yang  mereka nikmati. Padahal bagi para orang tua yang dibebani tanggung jawab terhadap anak seharusnya menjadikan moment Hari Anak Nasional ini sebagai evaluasi dan refleksi, sehingga kedepan anak-anak tidak lagi menjadi korban eksploitasi dan kekerasan apalagi plecehan/kejahatan seksual, tetapi mereka dapat menikmati masa-masa indahnya menjadi anak-anak sesungguhnya dengan menerima hak-haknya sebagai anak dengan baik.


Salah satunya ialah hak perlindungan anak yang sudah tercantum dalam Undang-undang nomor 23 tahun 2002 yaitu melakukan upaya perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya dan perlakuan tanpa diskriminasi.


Slogan Hari Anak Nasional (HAN) 2014 :


1.    Stop kekerasan dan kejahatan/pelecehan seksual terhadap anak
2.    Partisipasi dan kemandirian anak tentukan masa depan bangsa
3.    Dukung keluarga dalam membangun kemandirian dan daya tahan anak.
4.    Anak cerdas gunakan internet sehat
5.    Bersama kita wujudkan Indonesia layak anak..


Selamat Hari Anak Nasional.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.
 

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
23 Juli: Memaknai Hari Anak Nasional