24/06/2022 15:53:15
Info Kesehatan

Mengenal Penyakit Dekubitus yang Diderita Aktris Senior Rima Melati sebelum Meninggal Dunia

Foto: Ilustrasi/Internet

Aktris senior Rima Melati menghembuskan napas terakhir kemarin sore di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Sang putra mengatakan, mendiang Rima Melati menderita penyakit Ulkus Dekubitus. Seperti apa?

Ulkus dekubitas atau dikenal awam dengan penyakit dekubitus perlu perawatan tepat agar penyakit tidak terkena infeksi parah. Perlu diketahui, ulkus dekubitus adalah luka terbuka yang terbentuk di kulit karena tekanan terus-menerus pada sebagian tubuh dalam jangka panjang.

Dilansir dari WoundSource, masalah kesehatan ini biasanya dialami pasien yang tirah baring (bedrest) dalam waktu lama, pengguna kursi roda, atau orang yang susah bergerak karena penyakit dan kelainan bawaan.

Biasanya, ulkus dekubitus muncul di bagian pantat, pinggul, tulang belakang, bahu, tulang ekor, pergelangan kaki, siku, dan tumit. Sebelum mengenali perawatan luka dekubitus, kenali dulu penyebab masalah kesehatan ini. Penyebab ulkus dekubitus Ulkus dekubitus terjadi ketika bagian kulit tertekan beban tubuh dalam waktu lama. Kondisi ini bisa menghambat pasokan darah ke bagian tubuh tersebut.

Tanpa aliran darah yang cukup, sel-sel jaringan kulit sekitar yang tertekan bisa rusak dan terluka. Luka tersebut awalnya berwarna kemerahan. Kemudian, lama-kelamaan warnanya jadi lebih gelap.

Apabila tekanan di bagian tubuh tersebut tidak dikurangi, jaringan kulit yang tertekan dan rusak lama-kemanaan bisa mati. Ketika luka atau koreng dekubitus tak dirawat atau diobati dengan tepat, luka bisa terinfeksi dan terkadang dampaknya bisa fatal.

Rima Melati diketahui memiliki penyakit ulkus dekubitus. Penyakit tersebut disebabkan oleh adanya cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya karena ada tekanan yang berkepanjangan pada kulit. Biasanya penyakit ini terjadi karena tubuh berbaring dalam waktu yang lama.

Maka dari itu, Rima Melati dibawa ke rumah sakit karena adanya infeksi penyakit tersebut di bagian punggung. Infeksi tersebut, kata Aditya, membuat ibunya demam tinggi. Setelah dibawa ke rumah sakit dan dirawat selama dua minggu, ternyata aktris keturunan Belanda dan Minahasa itu memiliki infeksi lain. (*)

*Dari berbagai sumber

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Info Kesehatan: Mengenal Penyakit Dekubitus yang Diderita Aktris Senior Rima Melati sebelum Meninggal Dunia