22/04/2014 10:57:06
Bahaya Asap Knalpot

Jangan Memanaskan Kendaraan di Garasi

Foto: Google

Jika garasi di rumah kalian tertutup, sebaiknya jangan memanaskan kendaraan di dalamnya. Jika dilakukan, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan penghuni rumah. Dampak terburuknya adalah kematian akibat kekurangan oksigen.
 

Menurut seorang mekanik mobil, biasanya bengkel menyarankan untuk memanaskan kendaraan di bawah 10 menit.  Tujuannya agar oli mobil menjalar ke seluruh bagian mobil dan memperkuat kinerja mesin. Memanaskan mobil dalam garasi akan menyisakan efek racun dari gas pembuangan yang terkumpul.


Di sinilah masalahnya, seperti dijelaskan ahli kesehatan, asap knalpot terdiri atas beragam zat yang tidak baik untuk tubuh. Memanaskan mobil di garasi justru tidak baik bagi kelangsungan hidup penghuni rumah tersebut.


Zat paling berbahaya dari knalpot kendaraan, adalah karbon monoksida (CO). Zat ini bisa bersenyawa dengan hemoglobin. Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Maka dari itu hemoglobin yang seharusnya mengikat oksigen (O2) malah mengikat CO. Alhasil, beberapa penyakit pun tidak dapat terhindari, seperti sering pusing-pusing, pingsan dan bahkan sampai meninggal jika jumlah CO yang terhirup sudah terlalu banyak.


Dengan begitu, oksigen sampai ke otak, liver, paru-paru, dan seluruh tubuh jadi berkurang. Otak tidak bisa hidup tanpa oksigen dalam beberapa menit. Jadi, kalau hemoglobin dipenuhi CO, otak akan mati. Tidak hanya itu saja, Apabila asap knalpot menghinggapi makanan, maka makanan yang dikonsumsi akan sangat berbahaya, terutama bagi ibu hamil.
 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Bahaya Asap Knalpot: Jangan Memanaskan Kendaraan di Garasi