17/11/2017 13:49:48
Tips

Cara Mudah Mengingat Pelajaran

Jika sahabat dokcil merasa bahwa diri kalian tidak bisa mengingat pelajaran dengan mudah, ada banyak cara yang  bisa dilakukan jika sahabat dokcil merasa kesulitan dalam mengingat pelajaran dengan baik, namun diperlukan ketelatenan dan kerja keras untuk melakukannya. Bukan berupa latihan fisik, namun dengan menerapkan secara rutin cara-cara yang akan dibahas nanti, sahabat dokcil pasti akan lebih mudah untuk mengingat pelajaran disekolah dan tidak merasa kesulitan lagi dalam belajar.  

 Berikut cara mudah untuk mengingat pelajaran:

-     Membaca

Membaca merupakan kunci belajar supaya kamu memahami. Bacalah materi baru 2 kali dalam sehari, yaitu sebelum dan sesudah materi itu diterangkan.

-     Memahaminya

Belajar yang benar itu bukan sekadar menghapal, tapi harus memahaminya. Agar yang dipelajari itu tidak cepat dilupakan, alangkah baiknya untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran sebelum kamu menghafal.

-     Mencatat hal-hal penting dan mengulang kembali

Kamu harus mengambil kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci itulah yang nanti berguna saat ujian nanti karena kamu sudah mengingatnya. Dengan mencatat hal-hal penting itu, sebagian besar akan kamu ingat.

-     Menghafalkan kata-kata kunci

Terkadang, kamu diharuskan menghafal materi yang begitu banyak. Namun ada cara untuk menyiasatinya yaitu dengan membuat kata kunci. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hafalan agar mudah diingat pada saat otak kamu memanggilnya. Misalnya, kata kunci untuk nama warna pelangi adalah ‘Mejikuhibiniu’, yang artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

-     Bangun suasana belajar yang nyaman

Banyak hal yang bisa membuat suasana belajar kamu nyaman, Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu memilih tempat yang sunyi agar bisa berkonsentrasi. Namun ada juga orang yang belajar sambil mendengarkan musik kesukaannya. Berbagai cara tersebut bisa kamu lakukan asalkan bisa membuat nyaman dan tetap berkonsentrasi.

-     Membentuk kelompok belajar

Buatlah kelompok belajar yang beranggotakan 5 orang. Kemudian, setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya kepada seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini tentunya akan terasa nyaman dan seru.

-     Melatih kemampuan

Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu perintah dari guru, kamu bisa langsung menjawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan yang kamu miliki. Jika ada yang kurang jelas mengenai pertanyaannya, maka kamu bisa bertanya pada guru.

-     Beristirahat

Belajar boleh-boleh saja tapi jangan sampai lupa juga menyediakan waktu untuk beristirahat. Setelah 30-45 menit belajar di rumah, kamu harus segera beristirahat untuk melemaskan badan dan pikiran. Jangan memaksakan belajar jika pikiran sedang suntuk karena hanya membuang waktu kamu saja.

-     Berolahraga dan makan makanan sehat

Fungsi dari otak Anda harus difungsikan lebih baik lagi, karena apabila otak terus menerus bekerja sedangkan tidak diberikan nutrisi dari dalam, maka sel-sel otak Anda bisa berkurang. Anda bisa meningkatkan fungsi dari otak Anda dengan cara olahraga teratur, makan makanan yang baik untuk otak, dan melakukan meditasi atau terapi untuk menenangkan otak Anda.

Itulah cara agar mudah mengingat dan memahami pelajaran secara efektif. Jika sahabat dokcil menerapkan hal itu dalam kehidupan sehari-hari, maka sahabat dokcil akan lebih mudah mengingat pelajaran di sekolah.


Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: redaksi@dokterkecil.com
Informasi Pemasangan Iklan: iklan@dokterkecil.com
Tips: Cara Mudah Mengingat Pelajaran