30/04/2020 11:55:23
Info Kesehatan

Dokter Gigi Banyak yang Tutup? Begini Cara Merawat Gigi Secara Mandiri

Foto: Internet/Ilustrasi

Sejak Covid-19 banyak klinik dokter gigi yang tutup karena risiko terpapar virus ini akibat droplet pasien yang positif, sangat besar. Alhasil, masyarakat yang memiliki masalah gigi atau ada jadwal temu dengan dokter, terpaksa menundanya.

 

Lalu, bagaimana cara kita menjaga dan merawat kesehatan gigi secara mandiri di rumah selama pandemi corona? Yuk, simak tips berikut:

1. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Saatnya mengganti pasta gigi dengan kandungan zat herbal dan berfluor (fluoride). Fluor paling baik digunakan langsung pada gigi sehingga membuatnya lebih kuat, tahan terhadap kerusakan dan ini satu-satunya zat yang bisa mengatasi kerusakan gigi. Sebaiknya Anda menggunakan pasta gigi berfluor sesuai kebutuhan dan usia. Bantu anak untuk menyikat gigi hingga mereka bisa menyikat gigi sendiri setidaknya di usia 6 tahun.

2. Kumur dengan air garam

Melansir dari Daily Mail, dokter gigi Safa Naher berkata penggunaan obat kumur tidak bisa menggantikan gosok gigi. Namun ini bisa jadi disinfektan untuk membunuh kuman dan bakteri.

Daripada membeli obat kumur, Anda bisa mencampurkan garam dan air sebagai alternatif. Campur sebanyak satu sendok teh dan setengah cangkir air hangat. Diamkan di dalam mulut selama beberapa detik, kumur dan buang.

3. Gunakan benang gigi

Selalu ingat untuk menggosok gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur. Menurut Naher, Anda tak perlu sampai menyikat plak pada gigi karena enamel gigi juga akan turut terkikis. Gosok gigi sudah cukup untuk 'mengusik' proses kerusakan gigi dan penyakit gusi. Sikat gigi tidak bisa mencapai bagian sela gigi dalam. Anda memerlukan benang gigi (dental floss) untuk menyapu kotoran.

4. Kurangi makanan ringan bergula

Gigi didesain untuk menghadapi 'serangan' zat asam tidak lebih dari tiga kali sehari. Tiga kali artinya tiga kali makan dalam sehari. Jika lebih, timbul risiko kerusakan gigi. Asupan makanan ini termasuk buah-buahan, jus buah atau smoothies.

Atur konsumsi makanan manis dan buah saat jam makan atau 40 menit sebelum makan atau setelahnya. Jika memungkinkan, pilih makanan ringan yang bebas gula misalnya keju.

5. Siapkan obat

Dalam kondisi tertentu, Anda memerlukan obat penghilang rasa sakit misalnya paracetamol. Ini cukup efektif untuk meringankan sakit gigi. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Dokter Gigi Banyak yang Tutup? Begini Cara Merawat Gigi Secara Mandiri