21/10/2020 11:41:21
Info Kesehatan

Osteoporosis Bisa Menyerang Orang Tua dan Muda, Begini Cara Mencegahnya

Foto: Internet/Ilustrasi

Jangan sepelekan osteoporosis. Sebab, pengeroposan tulang ini tak hanya dialami orang tua melainkan juga menyerang usia muda.  

Karena itu, pencegahan dini perlu dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D dan kalsium. Akan tetapi, konsumsi vitamin dan kalsium tanpa disertai olahraga secara rutin, hasilnya tidak akan maksimal.

Sebab, olahraga memiliki peran penting dalam meningkatkan kepadatan tulang. Olahraga juga dapat memicu tumbuhnya jaringan tulang yang baru dan membangun masa otot, sehingga jika dilakukan secara rutin, maka risiko terkena osteoporosis dapat berkurang.

Berikut adalah tips olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mencegah osteoporosis yang dikutip dari berbagai sumber:

Melatih Menahan Beban

Dengan Latihan menahan beban akan merangsang pembentukan tulang. Menahan beban itu sendiri merupakan latihan kekuatan yang paling penting untuk membentuk atau mempertahankan tulang yang kuat. Latihan menahan beban ini dapat dilakukan sekitar 8-10 kali secara verulang sebanyak 2-3 kali seminggu.

Melatih Keseimbangan

Latihan kekuatan yang baik akan memastikan kamu mampu menjaga keseimbangan dengan lebih mudah. Hal ini berguna untuk membantu mencegah kamu terjatuh, aktivitas yang membutuhkan keseimbangan, juga agar kamu bisa berolahraga dengan baik. Latihan olahraga keseimbangan ini dapat dilakukan dengan sederhana seperti berdiri di satu tumpuan kaki sealama 30 detik lalu mengiulanginya untuk kaki yang lain.

Melatih fleksibilitas

Bagi kamu yang suka duduk terlalu lama atau memang tuntutan pekerjaan dapat membuat otot tegang da memberi banyak tekanan pada tulang belakang. Penting untuk meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan guna menjaga kesehatan tulang belakang, otot paha dan dada, hingga pinggul.

Penting juga untuk menghindari latihan yang membuat kamu harus banyak membungkuk ke depan, guna terhindari atau mencegah tekanan ekstra pada tulang dan tulang belakang. Dalam melakukan latihan peregangan, regangkan otot hingga titik maksimal, bukan hingga otot terasa sakit.

Kemudian tahan peregangan selama 15-30 detik dalam kurun waktu 3-5 kali sehari. Jika kamu tergolong pemula, ada baiknya boleh berkonsultasi untuk olahraga yang cocok untuk kita lakukan. Terpenting, pilih olahraga yang paling membuat nyaman dan senang, sehingga bisa menjalaninya dengan nikmat. Selamat mencoba!

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Osteoporosis Bisa Menyerang Orang Tua dan Muda, Begini Cara Mencegahnya