22/12/2020 13:39:29
Info Kesehatan

Tips Berwisata Aman Selama Pandemi Covid-19

Foto: Ilustrasi/Internet

Libur akhir tahun telah tiba. Nah, jika Anda berencana melewatkan libur akhir tahun ke tempat-tempat wisata, sebaiknya tetap berhati-hati karena keberadaan virus Covid-19 masih mengancam.

Sebisa mungkin, hindari tempat wisata dengan kondisi yang rawan penyebaran virus Covid-19. Misalnya, jika tempat wisata yang akan dituju dipenuhi pengunjung, alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkannya kembali.

Sesuai imbauan pemerintah, ditengah pandemi sekarang, tetap berada di rumah merupakan cara terbaik meminimaliasi risiko penularan Covid-19. Lalu, bagaimana agar Anda tetap aman selama berwisata?

Seperti diketahui, masih ada sebagian masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan 3M yang dianjurkan pemerintah. Padahal, penerapannya mudah sekali. Anda hanya perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, memakai masker, serta menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain.

Mencuci tangan pun harus dilakukan sesering mungkin, terlebih jika hendak makan dan minum, atau sehabis buang air kecil dan besar. Usahakan juga untuk menyentuh wajah sebelum mencuci tangan.

Selain menerapkan protokol kesehatan, ada hal lain yang harus dipertimbangkan para wisatawan untuk meminimalisasi penularan virus Covid-19. Berikut cara mencegah penularan virus corona saat berwisata seperti dikutip dari laman resmi pusat penyakit menular di Amerika Serikat (CDC):

Pilih tempat wisata di zona hijau

Sebelum berangkat, tentukan tujuan daerah wisata yang memiliki tingkat penyebaran kasus positif corona rendah. Saat ini setiap pemerintah daerah menyediakan data perkembangan kasus positif corona per hari. Data itu bisa diakses di situs resmi masing-masing daerah. Gunakan informasi dari halamanan web tersebut untuk mencari daerah zona hijau penyebaran virus corona.

Cek kebijakan di daerah tujuan wisata

Pandemi corona menyebabkan sejumlah pemerintah daerah mengambil langkah karantina atau melarang adanya pendatang. Beberapa daerah juga mewajibkan isolasi bagi pendatang. Sebelum Anda dan keluarga berwisata, pastikan daerah tujuan terbuka bagi siapapun.

Cek kondisi tubuh

Sebelum bepergian, pastikan Anda dan keluarga dalam kondisi fit. Jangan bepergian jika sedang tidak enak badan, terutama jika flu. Karena saat kondisi tubuh tidak sehat, daya tahan melemah sehingga rawan terserang penyakit.

Bawa perlengkapan anticorona

Bila biasanya kita hanya membawa makanan dan minuman untuk berwisata, kali ini ada bekal tambahan. Para wisatawan harus membawa perlengkapan anticorona seperti masker cadangan, hand sanitizer, tisu dll.

Ingat, cara mencegah penularan virus corona di tempat wisata dari CDC ini bukan untuk menggantikan protokol kesehatan yang sudah ada. Cara mencegah corona tersebut untuk melengkapi protokol kesehatan yang berlaku, sehingga penyebaran virus corona bisa diminimalisasi. (*)

 

 

 

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Berwisata Aman Selama Pandemi Covid-19