22/02/2021 10:40:59
Info Keluarga

Yuk, Manfaatkan WFH untuk Mengajarkan Anak Makan di Meja!

Foto: Ilustrasi/Internet

Bagi Anda yang masih work from home (WFH), sebaiknya memanfaatkan momen ini dengan semakin menjalin ikatan batin dengan si kecil. Termasuk salah satunya adalah mengajarkan mereka untuk makan di meja.

Jika ada yang bilang mengajarkan anak teruama yang masih balita untuk makan di meja adahal hal yang sulit dan nyaris tidak mungkin dilakukan mengingat mereka masih senang berlarian ke sana kemari, itu tidak bisa dibenarkan. Sebaliknya, makan di meja adalah sesuatu yang sederhana dan perlu dibiasakan sejak dini.

Meskipun terlihat sepele, kebiasaan tersebut dapat mempererat hubungan si Kecil dengan orang tua, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, sampai membangun sikap disiplin dalam diri anak.

Waktu yang baik untuk si Kecil duduk makan bersama di meja makan adalah lebih dari 20 menit. Menurut penelitian yang dilakukan, terdapat lebih banyak efek positif yang didapat ketika anak-anak dengan durasi rata-rata 19,9 menit. Efeknya berbeda sekali dengan anak yang rata-rata waktunya 16,4 menit.

Lalu bagaimana caranya agar si Kecil mau duduk selama itu jika belum 5 menit saja ia sudah berpindah-pindah tempat? Yuk, simak tips berikut!

1. Bangun suasana menyenangkan

Suasana makan yang begitu-begitu saja dapat menjadi salah satu alasan mengapa anak tidak suka berdiam diri di meja makan. Untuk mengatasinya, Anda perlu membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Misalnya dengan cara menghias makanan yang disajikan dalam beragam warna dan bentuk lucu.

Atau, Anda bisa melakukan tebak warna dan nama makanan yang tersaji di piring si kecil. Yang perlu diingat adalah, pastikan agar waktu makan dapat menyenangkan. Cukup membuat variasi menu dan cara penyampaian yang menyenangkan pastinya akan membuat anak tertarik mengikuti waktu makan di meja makan.

2. Pilih menu makanan kesukaan si Kecil

Salah satu cara menarik perhatian si Kecil agar bertahan di meja makan adalah dengan menyediakan makanan yang ia suka. Anda dapat memilih makanan-makanan yang aman, cocok dan ia sukai. Melihat makanan kesukannya tersedia di meja makan tentu membuatnya memilih untuk berdiam diri menikmatinya. Siapa yang tidak tahan melihat makanan kesukannya tersedia di meja makan?

3. Ajak anak membantu menyiapkan makanan

Meskipun anak masihlah kecil, mereka dapat ikut membantu mempersiapkan hal sederhana, seperti membantu menuangkan sayur ke mangkuk atau menyiapkan sendok dan garpu. Jika tidak bisa, mereka juga dapat memperhatikanmu memasak makanan yang hendak kalian santap nantinya.

Faktanya terlibat dalam penyiapan makanan akan membuat anak-anak merasa bangga akan pekerjaan mereka. Hal tersebut akan membuat anak lebih menghargai makanan ketika dihidangkan dan disantap nantinya. Tidak heran jika ini membuat mereka mau menikmati makanan di meja makan dengan tenang.

4. Buka dengan pembicaraan ringan

Anak-anak tentunya suka berbicara, benar bukan? Dan inilah yang dapat kamu lakukan untuk membuat waktu makanmu bersama si Kecil menjadi lebih menyenangkan.

Ketika bersantap di meja makan, Anda dapat menghangatkan suasana dengan pembicaraan ringan bersama si Kecil. Tanyalah pengalaman menyenangkan si Kecil selama hari itu, film yang ia sukai, atau hal-hal apapun yang menarik perhatian mereka.

Pembicaraan yang menarik perhatian anak akan membuat mereka bertahan menikmati percakapan bersamamu di meja makan. Tidak heran cara ini merupakan cara yang sederhana yang ampuh membuat anak diam di meja makan. Kendati demikian, tetap perhatikan untuk tidak berbicara saat makan ya.

5. Izinkan anak membawa mainan

Bagi si Kecil, mainan seolah menjadi barang berharga yang sangat penting. Bukan hanya menghiburnya, mainan juga seolah menjadi temannya. Tidak heran jika ia selalu ingin membawa mainan kemanapun, termasuk ketika makan.

Untuk membuatnya mau berdiam di meja makan, Anda dapat mengijinkan anak membawa mainan. Membawa mainan kesukaannya seperti boneka atau mobil-mobilan dapat membuat si Kecil mau duduk tenang di meja makan. Buatlah aturan misalnya hanya boleh membawa satu mainan dan tidak bisa ditukar selama waktu makan berlangsung.

6. Contohkan kebiasaan ini pada anak

Orang tua, ayah maupun ibu, merupakan seorang role model bagi anak-anak, dan ini juga berlaku ketika kalian berada di meja makan. Saat anak tidak dapat bersikap diam di meja makan, orang tua dapat menunjukkan bagaimana sikap yang baik. Sebaiknya kamu tidak makan sambil melakukan kegiatan lain, semisal memegang handphone.

Fokus dan berikan contoh yang baik pada anak untuk memanfaatkan waktu makan sebaik-baiknya. Ketika kamu dapat melakukannya dengan baik, maka anak-anak juga akan menirukan hal serupa. Mereka juga nantinya akan terbiasa untuk duduk diam di meja makan.

Nah, sebagai orang tua, Anda tetap perlu mengingat bahwa karena usia mereka masih kecil, bersikaplah lebih realistis. Jangan berharap agar anak-anak bisa duduk diam dalam waktu sekitar 20 menit. Namun, jika dilakukan secara rutin, lama kelamaan mereka akan terbiasa juga. 

*Dari berbagai sumber

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Keluarga: Yuk, Manfaatkan WFH untuk Mengajarkan Anak Makan di Meja!