12/04/2021 11:09:24
Info Kesehatan

Ramadan Masih Ditengah Pandemi, Pertahanan Tubuh Jangan Sampai Kendor!

Foto: Ilustrasi/Internet

Tak lama lagi, seluruh umat Islam akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Nah, karena Ramadan kali ini masih ditengah pandemi Covid-19, pertahanan tubuh jangan sampai kendor, ya.

Dari sisi kesehatan, berpuasa banyak sekali manfaatnya. Akan tetapi, biasanya di awal Ramadan, karena belum terbiasa sebagian orang terutama anak-anak akan merasa lelah, lemas, malas, mengantuk, pusing, hingga dehidrasi.

Kondisi tersebut adalah hal yang normal, dan dapat diatasi dengan asupan nutrisi dan vitamin yang baik terutama vitamin C dan zinc. Sebab, kekurangan nutrisi dapat menyebabkan melemahnya sistem imun tubuh sehingga rentan terhadap infeksi penyakit.

Agar ibadah puasa berjalan baik dan tidak mengganggu kesehatan, kita membutuhkan asupan nutrisi seimbang serta cairan yang cukup. Untuk mencegah kerusakan otot, makanan harus mengandung cukup kalori.

Pastikan makanan dan minuman Anda saat sahur dan buka puasa mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang cukup. Misalnya buah dan sayuran, daging, ikan, susu, makanan yang mengandung karbohidrat, kaya serat, lemak, dan gula. Pasalnya, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu melepaskan energi secara perlahan selama puasa berjam-jam.

Saat berpuasa, tubuh sangat memerlukan nutrisi dan vitamin, salah satu vitamin yang penting untuk tubuh adalah vitamin C. Vitamin C efektif untuk melindungi sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, masalah kehamilan, penyakit mata, hingga masalah kulit. Kadar vitamin C dapat menjadi penanda gizi yang ideal untuk kesehatan tubuh  Anda.

Berikut ini adalah fungsi dari vitamin C untuk tubuh seperti dilansir dari Alodokter:

-Melindungi sel tubuh dan menjaganya tetap sehat.

-Terkait dalam produksi kolagen untuk memelihara jaringan ikat yang penting dalam menjaga kekuatan organ tubuh seperti kulit, tulang, dan pembuluh darah.

-Membantu penyembuhan luka.

-Meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang kita konsumsi.

-Melindungi kerusakan akibat radikal bebas, kimia beracun, dan polutan seperti asap rokok. Radikal bebas sendiri juga berpotensi meningkatkan risiko menderita kanker, penyakit jantung, dan arthritis.

Sementara itu, suplemen zinc dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pertumbuhan tubuh dan menjaga kesehatan. Zinc adalah sejenis logam yang berguna untuk membantu kerja sistem imun dan terbukti membantu mengurangi angka kematian akibat pneumonia dan diare, serta mencegah infeksi pernapasan.

Kekurangan zinc dapat menyebabkan penglihatan malam yang buruk, lamanya masa penyembuhan luka, penurunan indera perasa dan penciuman, kemampuan melawan infeksi menurun, dan perkembangan organ reproduksi yang buruk.

Mengingat pentingnya vitamin C dan zinc untuk menjaga sistem imun tubuh, tentunya Anda tidak ingin kekurangan nutrisi tersebut saat berpuasa. Kekurangan vitamin C dan zinc dapat menyebabkan Anda  berisiko terkena penyakit dan pada akhirnya semakin menyebabkan Anda mudah merasa lelah dan lemah. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ramadan Masih Ditengah Pandemi, Pertahanan Tubuh Jangan Sampai Kendor!