12/08/2022 15:41:03
Info Kesehatan

Lebih Mengenal Kista Batang Otak yang Diderita Selebriti Sarwendah

Foto: Ilustrasi/Internet

Istri selebriti Ruben Onsu, Sarwendah, didiagnosa mengidap penyakit kista di batang otak. Gejala yang paling dirasakan adalah sering pusing berkepanjangan sejak 2017. Apa itu kista batang otak?

Kista otak atau lesi otak kistik adalah kantung berisi cairan di otak. Kista ini bisa bersifat non-kanker (jinak) atau kanker (ganas). Kista ini berisi cairan berupa darah, nanah, atau bahan lainnya.

Pada otak, kista terkadang mengandung cairan serebrospinal (CSF) yakni cairan bening yang membasahi serta melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Melansir Tempo, cairan inilah yang membuat leher Sarwendah sedikit miring ke depan.

Kista dapat menekan jaringan otak dan menyebabkan gejala seperti sakit kepala, masalah penglihatan, atau mual. Jika ini terjadi, seseorang mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat kista.

Dalam beberapa kasus, jika kista kecil dan tidak tumbuh dan tidak menimbulkan gejala, penyedia layanan kesehatan mungkin menyarankan untuk memeriksa dan merawatnya secara berkala daripada operasi.

Sebagian orang yang mengalami kista di batang otak terjadi sebelum lahir ke dunia atau karena genetik. Selain itu, kista otak juga dapat disebabkan karena penumpukan cairan di area otak. Kista otak dapat terbentuk selama beberapa minggu pertama ketika bayi tumbuh di dalam rahim.

Pada sebagian kasus, kista mungkin terbentuk karena cedera kepala atau trauma lain pada otak. Namun dalam kasus lain, kista terbentuk karena adanya hubungan jaringan antara kista otak dan tumor non-kanker atau tumor kanker.

Melansir Cedars Sinai Organization, kista di batang otak terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

1. Kista arachnoid (kista leptomeningeal)

Kista yang terjadi di antara otak dan membran arachnoid. Selaput ini merupakan salah satu penutup pelindung di sekitar otak. Kista arachnoid mengandung CSF dan paling sering muncul pada anak-anak, tetapi mereka juga dapat terjadi pada orang dewasa.

2. Kista koloid

Kista jenis ini berisi gel. Kista sering terbentuk di 1 dari 4 ventrikel otak. Ventrikel adalah reservoir CSF di otak. Kista koloid sering terjadi di ventrikel ketiga yang merupakan tempat sentral di otak. Kista ini dapat menyebabkan penyumbatan aliran CSF dan menyebabkan sakit kepala posisional.

3. Kista dermoid

Kista ini terbentuk karena sebagian sel kulit yang terperangkap ketika otak dan sumsum tulang belakang terbentuk sebelum lahir. Kista ini mungkin mengandung sel kelenjar keringat atau sel folikel rambut dan sering muncul pada anak-anak.

4. Kista epidermoid

Kista ini terbentuk dari sedikit jaringan yang terperangkap ketika otak dan sumsum tulang belakang terbentuk. Kista ini tidak mengandung kelenjar keringat atau sel folikel rambut dan tumbuh sangat lambat. Kista ini sering kali muncul ketika seseorang sudah dewasa.

5. Kista pineal

Kista ini terjadi pada kelenjar pineal di tengah otak. Kista jenis ini seringkali hanya muncul selama pemindaian pencitraan yang dilakukan karena alasan lain.

6. Abses otak

Penyakit ini terjadi di bagian otak mana saja dan terjadi sebagai kista tunggal atau kista ganda. Abses sering disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti parasit atau jamur.

7. Kista neoplastik

Kista ini terjadi karena tumor jinak atau ganas. Saat tumor otak lahir di luar otak, akan menghasilkan penyakit yang disebut metastasis. (*)

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Lebih Mengenal Kista Batang Otak yang Diderita Selebriti Sarwendah