25/02/2014 14:05:19
Waspadai Jajanan Es Di Sekolah

Waspadai Jajanan Es Di Sekolah

Sobat Dokterkecil.com, mencegah kebiasaan jajan pada anak usia sekolah tidaklah mudah. Namun tidak selamanya jajan selalu membuat sakit, asalkan bisa memilih jajanan yang sehat, anak-anak bisa terhindar dari risiko penyakit akibat makan jajanan tidak sehat.

Dari sekian banyak jajanan, ternyata ada beberapa jenis makanan tertentu yang paling harus diwaspadai, yaitu es batu, minuman berwarna, bakso, dan agar-agar atau jeli. Menurut data Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM RI, jenis-jenis makanan tersebut merupakan makanan yang paling banyak ditemukan mengandung bahan tambahan pangan yang berbahaya dan tercemar mikroba.
 
Pada es batu dapat ditemukan cemaran mikroba yang menimbulkan penyakit seperti diare. Sementara pada minuman berwarna dapat ditemukan pewarna tekstil seperti rodamin B yang bersifat karsinogenik. Sementara pada bakso dapat ditemukan pengawet yang seharusnya tidak ditemukan pada makanan seperti boraks dan formalin. Sedangkan pada agar-agar atau jeli ada kemungkinan mengandung pewarna tekstil dan pengawet.
 
Menurut data BPOM, tahun 2008 hingga 2010 diketahui keamanan pangan jajanan sekolah hanya mencapai 56-60 persen. Pada 2011 meningkat menjadi 65 persen, 2012 menjadi 76 persen, dan pada 2013 meningkat lagi menjadi 80.79 persen.

Nah sobat dokterkecil.com, sudah tahu kan makanan jajanan sekolah yang harus diwaspadai. Yuk, mulai hidup sehat, bisa dengan membawa bekal dari rumah atau juga harus pintar dalam memilih jajanan.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Waspadai Jajanan Es Di Sekolah: Waspadai Jajanan Es Di Sekolah