19/05/2014 11:29:10
Ujian Nasional

Tips Menjaga Stamina Saat Ujian

Tidak terasa lama perjalanan dan perjuangan  selama bersekolah kini sudah memasuki tahap  Ujian Nasional. Dokterkecil.com mendoakan semoga diberi kemudahan dengan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan hasil yang baik, kita harus mempunyai persiapan yang baik pula. Berikut Tips-tips menghadapi Ujian Nasional.

Belajar Yang sungguh-sungguh

- Disini kamu wajib mempejari kembali materi-materi yang pernah dipelajari di sekolah.

- Belajar setiap hari selama 30 menit lebih baik daripada belajar satu minggu satu kali selama 5 jam. Jadi usahakan untuk belajar secara rutin dari hari ke hari. Ini akan membuat ingatan kamu jauh lebih terasah daripada belajar dalam satu waktu.

- Sharing dengan teman-teman kamu atau guru di sekolah jika ada materi pelajaran yang kamu masih kurang mengerti. Ajari teman kamu yang membutuhkan juga ini akan menambah daya pemahaman kamu.


Persiapkan Semua Kebutuhan, Mental dan Fisik

- Persiapkan segala jenis peralatan dan perlengkapan ujian seperti pensil, penghapus, penggaris, dan papan pengalas. Itu semua harus di siapkan sehari sebelum ujian di mulai.

-  Biasanya di malam sebelum ujian banyak orang yang grogi bahkan tidak bisa tidur. Nah, untuk menghindari itu semua, ada baiknya kamu tidur lebih awal agar keesokan harinya ketika menghadapi lembar soal UN yang sebenarnya, menjadi lebih segar dan focus.

- Selain tidur lebih awal, kamu juga harus bangun lebih awal dari biasanya. Hal ini untuk mencegah kamu datang terlambat saat ujian, karena biasanya jalanan lebih macet di hari H ujian.

- Jaga kesehatan dan mental kamu. Usahakan kamu makan-makanan yang sehat, perbanyak minum air putih dan tidur secara teratur untuk menjaga stamina kamu, dan jangan terlalu menganggap Ujian Nasional sesuatu yang sangat sulit. Karena jika semuanya disiapkan dengan maksimal, maka tidak akan ada kesulitan yang akan menghambat kamu, dan tanamkan pemikiran kamu bahwa “Jika orang lain bisa, mengapa saya tidak?” agar kamu lebih termotivasi.


Itulah beberapa tips untuk menghadapi atau menempuh UN, namun terkadang ada diantara kita yang masih dilanda rasa malas belajar, capek untuk memulai belajar. Hal ini haruslah dihindari, ubah niat kamu dan fokus ke UN dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk berdo’a dan beribadah agar dapat hidayah dan pertolongan serta kemudahan dari Allah SWT. Semoga bermanfaat.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Ujian Nasional: Tips Menjaga Stamina Saat Ujian