06/06/2014 11:33:18
Kesehatan Kepala

Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe

Hallo sobat dokterkecil.com semuanya, kali ini dokcil mau membahas tentang ketombe. Hayo siapa yang rambutnya berketombe? Tau ngga ketombe itu apa?
 

Ya! Ketombe adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala kita. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun demikian, ada orang yang mengalami pengelupasan secara terus menerus dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan kulit kemerahan dan iritasi.


Di Korea ketombe itu lebih sering dialami saat musim dingin yang kering. Ketombe dapat dianggap sebagai salah satu penyakit yang menyusahkan orang karena gejalanya sering menimbulkan rasa gatal dan radang.


Pada umumnya ketombe di kulit kepala terjadi akibat minyak atau lemak berlebih. Infeksi jamur pada kulit dapat menyebabkan kulit berminyak dan biasanya ketombe dapat tumbuh subur. Selain itu, Kulit kering merupakan salah satu penyebab ketombe yang dapat diperburuk dengan penggunaan pengering rambut dan kondisioner yang salah.


Ketombe banyak dialami oleh orang-orang yang kurang menjaga kesehatan rambut. Sejalan dengan tumbuhnya kulit, sel-sel terluar kulit kepala akan terdorong keluar, yang pada akhirnya mereka akan mati dan terkelupas dari kulit kepala. Pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat dilihat mata. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan diganti setiap kira-kira 2 minggu sekali. Sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung 1 bulan sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.


Nah sobat dokcil, oleh karena itu masalah ketombe dapat diatasi dengan perawatan dan pengobatan yang tepat. Keramas rutin dengan pemakaian sampo anti ketombe dapat membantu anda mengurangi dan menghilang ketombe. Tapi jangan sering keramas karena bisa menyebabkan ketombe bertambah banyak. Jika minyak alami berkurang dari kulit manusia, tubuh kita cenderung mempercepat pengeluarannya.

Air panas dapat menyebabkan pori-pori kulit terbuka sehingga mengeluarkan minyak alami kulit dan kulit menjadi kering. Apabila anda menggunakan air hangat, bilaslah rambut mengunakan air dingin. Saat sudah kering, hidari penggunaan pengering rambut.


Salah satu cara mengatasi ketombe adalah menghindari makanan berminyak. Jika anda ingin terbebas dari ketombe, setidaknya anda kurangi makan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak. Karena makanan yang terlalu berminyak dapat membuat kulit kepala anda lebih banyak memproduksi minyak.


Untuk mencegah dan mengatasi masalah ketombe perhatikan juga pola hidup sehat, konsumsi makanan yang bergizi, kurangi stres, jaga kebersihan tubuh, hindari rokok dan alkohol, dan konsumsi vitamin yang baik untuk kulit. Kulit kepala sehat dan tidak ada ketombe membuat kalian semakin percaya diri.
 

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kesehatan Kepala: Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe