12/06/2014 14:22:50
BPOM

BPOM Harus Segera Sidak Menjelang Ramadhan

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) didesak oleh Anggota DPR untuk segera meningkatkan pengawasan dan melakukan sidak terhadap makanan serta minuman menjelang pelaksanaan ibadah Ramadhan.
 

Peningkatan pengawasan dan sidak tersebut akan memberi dampak yang positif bagi masyarakat maupun para pedagang.


Dengan sidak, masyarakat dapat memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehat.
Sedangkan bagi pedagang, sidak tersebut tentu menjamin barang yang didagangkan tidak bermasalah untuk dikonsumsi.


Selama ini, sidak justru dilakukan saat ibadah puasa. Tentu langkah tersebut memberi dampak yang tidak nyaman bagi masyarakat. Seharusnya sidak dilakukan secara rutin, tidak hanya saat akan mendekati puasa dan idul fitri.


Sikap was-was dan tidak tenang dalam menjalankan ibadah puasa tentu akan muncul. Adapun bagi pedagang, tentu akan mengganggu omzet penjualan di bulan Ramadhan.


Di samping itu, upaya BPOM melakukan pengawasan terhadap penjualan di media online tentu harus didukung. Langkah tersebut untuk memastikan makanan dan minuman yang dijual di online benar-benar sehat.


Meski demikian upaya ini diharapkan tidak menganggu usaha yang dilakukan masyarakat melalui media online yang masuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM).


Perlu dirumuskan juga oleh pemerintah terkait penjualan melalui media online ini, baik dari sisi keamanan makanan yang dijual maupun dukungan terhadap produk UKM.

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.
 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
BPOM: BPOM Harus Segera Sidak Menjelang Ramadhan