01/07/2014 12:33:34
Ramadhan Sehat

Banyak Tidur Saat Puasa Bikin Cepat Pikun Loh!

Sahabat dokterkecil.com meski puasa, terus waktu tidur malam berkurang. Tapi bukan berarti sepanjang hari kamu bisa tidur terus-terusan ya. Memang, tidur itu sangat penting demi menjaga kesehatan. Tapi mesti kamu tau, sebuah penelitian di Inggris justru menemukan dampak buruk orang yang terlalu banyak tidur.
 

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Warwick, Inggris menemukan bahwa tidur kurang dari enam jam dan lebih dari 8 jam sehari berisiko memiliki masalah otak.


Peneliti melibatkan 9.000 pria dan wanita yang berusia 50-64 tahun dan 64-89 tahun untuk meneliti risiko melemahnya otak saat seseorang terlalu banyak tidur.


Mengoptimalkan tidur pada usia yang lebih tua dapat membantu menunda penurunan fungsi otak serta mencegah risiko demensia. Sebaliknya, tidur lebih dari delapan jam berisiko penurunan fungsi otak.


Penulis studi, Dr Michelle Miller mengatakan, tidur sebaiknya dilakukan enam sampai delapan jam untuk menghindari risiko obesitas, hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan stroke.


Sobat dokterkecil.com yang menariknya lagi, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One ini mengungkapkan risiko penyakit akibat kebanyakan tidur juga terkait dengan depresi, pengangguran dan miskin sehingga rentan mengalami masalah kesehatan.

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.
 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Ramadhan Sehat: Banyak Tidur Saat Puasa Bikin Cepat Pikun Loh!