11/08/2014 14:01:02
Tahukah Kamu?

4 Jenis Makanan Yang Dapat Atasi Gangguan Tiroid

Gangguan Tiroid adalah masalah kesehatan yang seringkali mempengaruhi metabolisme banyak orang menjadi melambat. Akibatnya, berat badan menjadi bertambah dengan cepat dan bisa menimbulkan kegemukan. Karenanya, gangguan tiroid perlu diwaspadai dan segera atasi dengan langkah-langkah yang tepat. Salah satu cara yang paling mudah dan sederhana mengatasi gangguan tiroid adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sanggup meningkatkan kadar tiroid dalam tubuh. Dengan cara ini, berat badan juga sekaligus bisa diseimbangkan dan kesehatan tubuh menjadi lebih baik secara keseluruhan.
 

Lalu apa sajakah jenis-jenis makanan penambah kadar tiroid dalam tubuh ? Berikut Dokterkecil.com berikan beberapa ulasan mengenai makanan yang sanggup atasi Tiroid, diantaranya adalah :


1. Makanan Yang Kaya Akan Yodium


Makanan yang banyak mengandung garam / yodium perlu anda konsumsi setiap harinya karena sangat efektif untuk menjaga tiroid tetap sehat. Yodium bekerja dengan cara merangsang dan membantu kelenjar tiroid agar kembali menghasilkan hormon tiroksin sebagai peningkat kemampuan tiroid dalam mengatur metabolisme tubuh. Minyak ikan, ikan segar, rumput laut, nanas, bawang, dan garam beryodium adalah beberapa sumber yodium yang baik yang bisa anda konsumsi secara rutin.


2. Makanan Yang Kaya Akan Selenium


Salah satu penyebab terjadinya gangguan tiroid adalah tubuh kita yang kekurangan asupan selenium. Hal ini karena selenium merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan hormon dari kelenjar tiroid.  Maka dari itu, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung selenium di dalamnya berguna untuk membantu mengatasi gangguan tiroid lebih cepat. Setidaknya makanan sehat seperti telur, jamur, bawang putih, kerang, gandum, dan minyak wijen dapat membantu mencukupi kebutuhan asupan Selenium setiap harinya.


3. Makanan Yang Kaya Akan Tembaga Dan Zat Besi


Jenis makanan sehat lainnya yang juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan tiroid dan tidak boleh anda lewatkan setiap hari adalah makanan kaya akan tembaga dan zat besi. Kedua nutrisi ini dikenal sangat ampuh dalam mendongkrak tiroid dalam tubuh, sehingga sistem metabolisme dapat berjalan normal kembali. Makanan sumber tembaga yang baik, diantaranya ada kacang mete, kerang, tiram, dan daging. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi, anda bisa memilih makanan-makanan sehat, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah, serta ayam.


4. Asam Lemak Esensial


Selain baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan otak kita, asam lemak esensial seperti Omega-3 dan Omega-6 juga berperan aktif bersama tiroid untuk menjaga metabolisme tubuh tetap stabil. Mengingat betapa pentingnya asupan asam lemak esensial ini bagi kesehatan tubuh, maka sudah sewajarnya kita harus mencukupinya setiap hari. Caranya yaitu dengan banyak mengonsumsi makanan-makanan sehat, seprti ikan segar, biji rami, labu, sayuran berdaun, dan kerang yang memang sudah terkenal sebagai penghasil asam lemak esensial.




Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tahukah Kamu?: 4 Jenis Makanan Yang Dapat Atasi Gangguan Tiroid