18/08/2014 19:23:21
Virus

Bisa Jadi Virus Ebola Mewabah di Indonesia

Sobat Dokterkecil.com, dilihat dari kondisi geografis Indonesia yang mirip dengan Filipina, yang merupakan negara di Asia yang pernah dikonfirmasi positif Ebola pada seekor monyet, tidak menutup kemungkinan virus ebola dapat mewabah di Indonesia. Memang, hingga detik ini belum ada laporan kasus infeksi oleh virus Ebola. Tapi, ada baiknya untuk lebih waspada, apalagi sistem transportasi membuat Indonesia dan Filipina dapat dengan mudah dicapai.
 

Sobat Dokcil juga harus tahu bahwa penyebaran virus yang secara resmi bernama Zaire Ebolavirus (EBOV) dapat terjadi melalui kontak langsung. Sangat mengerikan bukan?


Penularan virus ebola dapat terjadi melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh. Untuk itulah, kita diminta untuk lebih waspada.


Infeksi kasus penyebaran Ebola pada manusia dikaitkan dengan kontak langsung dengan hewan seperti simpanse, monyet, kijang hutan, mandril dan landak. Akan tetapi, diduga sumber dari penyakit ini adalah kelelawar buah (fruits bats) jenis tertentu, yang jenisnya juga terdapat di Pulau Kalimantan. Pada hewan penyakit tersebut disebut dengan haemorragic fever.


Kita pun harus mengetahui apa saja gejala klinis pada hewan yang tertular virus Ebola. Seperti demam, depresi diikuti gejala muntah, diare, bulu rontok, kekurusan, perdarahan petekhie di bawah kulit, keluar darah dari lubang hidung, lemak, shock, dan mati.
 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Virus: Bisa Jadi Virus Ebola Mewabah di Indonesia