05/09/2014 19:05:59
Info

Efek Yang Berbahaya Akibat Kekerasan Pada Anak

Sobat Dokcil salah satu faktor yang berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak adalah kekerasan pada anak loh. Data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2008, menyebutkan bahwa jumlah kekerasan terhadap anak 3,02 persen. Artinya, di antara 100 anak terdapat 3 anak yang mengalami kekerasan. Kekerasan seksual merupakan jenis kekerasan terbanyak yang ditemukan.
 

Laporan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kepada Presiden RI menyebutkan pada tahun 2012 terdapat 1051 anak menjadi korban kekerasan, kekerasan seksual sebanyak 436 kasus (41, 48 persen). Tahun 2013, terdapat 15 anak per bulan sebagai pelaku kekerasan sensual yang berhadapan dengan hukum. Selain itu, dilaporkan juga terjadi peningkatan jumlah anak pelaku pencabulan dari 162 kasus (15,52 persen) tahun 2010 menjadi 237 kasus (22, 77 persen) pada tahun 2013.


Jadi dapat dijelaskan bahwa dampak kekerasan berpengaruh sekali pada tumbuh kembang anak, antara lain dampak fisik, psikologis, dan sosial.


Gangguan pada salah satu tahapan tumbuh kembang anak memengaruhi proses tumbuh kembang anak selanjutnya dan berdampak pada penurunan kualitas hidup anak.


Kendala yang dihadapi saat ini adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat dan petugas kesehatan untuk melaporkan kejadian kekerasan terhadap anak.


Nah sobat Dokcil salah satu bentuk perlindungan hukum bagi petugas adalah Permenkes nomor 68 tahun 2013 tentang Kewajiban Pemberi Layanan Kesehatan Untuk Memberikan Informasi Apabila Ada Dugaan Kasus Kekerasan Terhadap Anak. Harus kita sadari bersama bahwa pada dasarnya semua pihak dapat berperan untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak. Peran masyarakat juga sangat penting karena untuk segera melaporkan kejadian dan mencegah terjadinya kekerasan yang berkelanjutan.

 



Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info: Efek Yang Berbahaya Akibat Kekerasan Pada Anak