16/09/2014 16:56:35
Info Kesehatan

Anak Pun Bisa Terkena Penyakit Jantung

Sobat Dokcil, penyakit jantung  biasanya dialami orang dewasa dan tua. Tapi, rupanya, di zaman sekarang ini penyakit jantung juga menyerang sobat Dokcil  yang masih muda loh.
 

Seperti disampaikan Pendiri Rumah Echo yang juga konsultan jantung anak, dr Piprim B Yanuarso, Sp.A, kelainan  jantung pada anak atau penyakit jantung bawaan sangat berbeda dengan penyakit jantung pada orang dewasa pada umumnya.


Kalau penyakit jantung pada anak, dari lahir sudah kelainan. Apakah itu bocor, penyempitan, jantung terbalik dan sebagainya. Sedangkan pada orang dewasa, sejak lahir jantung sudah normal. Hanya karena misalnya nggak banyak gerak atau tidak olahraga, merokok saat dewasa lalu terkena jantung coroner.


Khusus pada kasus kelainan jantung anak, harus dikoreksi cepat karena anak memiliki golden period atau masa emas dalam tumbuh kembangnya. Sehingga jika tidak ditangani dengan cepat, anak akan cacat, lemah dan cenderung mengakibatkan kematian muda.


Ada waktu yang tepat dalam mengobati penyakit jantung bawaan yaitu umur 0-5 tahun. Setelah masa itu sudah sulit dilakukan operasi atau tindakan. Sehingga anak bisa saja cacat. Kasihan kan?


Meski penderita penyakit jantung bawaan bisa hidup lebih lama ya sobat, namun dia hanya hidup dengan penderitaan. Dia tidak bisa bersaing dengan anak lainnya, lemah. Lari sedikit nggak kuat. Kasihan kan? Maka dari itu ya sobat, perlu diperiksa mulai sejak bayi lahir agar tidak memiliki penyakit jantung bawaan.

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Anak Pun Bisa Terkena Penyakit Jantung