28/01/2015 10:51:55
Info Kesehatan Makanan

Bahaya Bakteri Listeria Pada Apel Import

Belum lama ini pemerintah Indonesia melarang perdagangan buah apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, Bakersfield, California, Amerika Serikat. Dua jenis apel yang biasa dijual dengan merek Granny's Best dan Big B ini diduga terpapar bakteri Listeria monocytogenes.

Sobat Dokcil, Sebenarnya Apa Sih Bakteri Listeria Monocytogenes?

Bakteri yang ditemukan dalam apel jenis Granny Smith dan Gala saat ini diduga sama dengan bakteri Apel California yang tahun lalu merenggut 7 nyawa dan belasan lainnya sakit keras.

Bakteri listeria monocytogenes adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi listeriosis (infection listeriosis). Infeksi listeriosis berakibat serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Orang sehat yang terinfeksi dapat menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Bahkan, infeksi listeria dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil.

Bakteri listeriosis adalah bakteri yang sering ditemukan hidup dalam tanah, air, dan juga makanan mentah (sayur & buah), makanan olahan (daging mentah), serta susu yang tidak dipasteurisasi. Bakteri ini memakan materi tanaman mati. Bakteri listeria dapat hidup dan menyebar di temperatur dingin seperti dalam kulkas ataupun chiller dengan temperatur rendah 0 derajat celcius.

 

Apa Saja Gejala Infeksi Listeriosis?

Gejala kontaminasi bakteri listeria antara lain demam dan menggigil, sakit kepala, mual, nyeri perut, dan diare. Pada ibu hamil dan janin, infeksi bakteri ini bisa lebih berbahaya. 

Penderita infeksi listeriosis ini awalnya akan mengalami demam, pegal otot, dan keluhan pada lambung dan usus. Saat masuk ke perut, bakteri ini akan hidup di saluran cerna, lalu menembus dinding usus dan masuk ke peredaran darah. Dia juga menginfeksi sel tubuh. Bila tak tertangani dengan baik akan bisa menyebabkan kematian. 

 

Bagaimana Cara Pencegahan Infeksi Listeriosis Dari Buah Apel?

Untuk jenis apel yang disebutkan diatas yaitu Granny Smith dan Gala yang dikemas di Bidart Bros, Bakersfield, California untuk saat ini jangan dikonsumsi terlebih dahulu sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari pihak berwenang.


Kementerian Pertanian tidak mengeluarkan rekomendasi impor kedua jenis apel dari perusahaan tersebut pada semester II 2014. Begitu juga untuk semester I tahun ini. Bagaimanapun, kita semua harus tetap waspada ya sobat.


Apel tersebut sudah harus ditarik dari peredaran, keputusan ini diambil setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerima surat peringatan dari International Food Safety Authorities Network (Infosan) pada 17 Januari 2015. Infosan mengingatkan BPOM agar menarik dua jenis apel tersebut karena diduga terinfeksi bakteri. Kementerian Perdagangan juga menerima surat serupa dari Kedutaan Besar AS di Jakarta pada 21 Januari 2015.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan Makanan: Bahaya Bakteri Listeria Pada Apel Import