24/02/2015 12:21:31
Info Kesehatan Makanan

Manfaat Buah, Kulit, dan Biji Jeruk Bagi Kesehatan

Buah Jeruk adalah buah yang identik dengan Vitamin C. Jeruk banyak ditemukan disekitar kita. Meliki rasa yang manis, masam dan segar. Rasa masam pada buah jeruk berasal dari kandungan asam sitrat yang terdapat didalamnya. Untuk mendapatkan buah jeruk sangatlah mudah, karena tidak tergantung musim.

Jeruk memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Diantaranya adalah vitamin,  mineral, dan kandungan gizi esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, seperti karbohidrat, potassium, kalium, folat, thiamin, magnesium, vitamin B6, niacain, fosfor, tembaga dan asam pantotenat. Bagi sobat Dokcil yang sedang dalam proses diet, buah ini aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung lemak, sodium dan kolesterol.

Manfaat Buah :

Karena merupakan sumber Vitamin C, jeruk berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat mencegah penyakit flu, mencegah infeksi telinga yang berulang-ulang, dan juga dapat menurunkan resiko kanker usur besar karena membantu mengusir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA.

Kaya Vitamin B6 yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal dan mendukung produksi hemoglobin dalam tubuh.

Mengandung antioksidan yang baik untuk kulit, karena dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Jadi dengan mengkonsumsi buah jeruk, dapat meremajakan kulit. Mengandung serat yang dapat digunakan untuk mencegah diabetes. Kandungan serat yang terdapat dalam jeruk dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

Manfaat Kulit :

1)   Mencegah mabuk perjalanan. 

Satu jam sebelum naik mobil, ambilah secuil kulit jeruk yang segar terus dekatkan ke hidung sobat Dokcil dan hiruplah aroma jeruk di kulitnya. Setelah naik mobil, terus menghirup minyak kulit jeruk itu untuk mencegah mabuk perjalanan.

2) Mencegah frostbite (radang dingin). 

Bakarlah beberapa kulit jeruk dan giling sampai menjadi bubuk, campurkan dengan minyak sayur dan oleskan ke daerah yang bengkak karena cuaca dingin tersebut.

 

3)   Mengobati bronchitis (radang pada saluran paru-paru) kronis. 

Taruhlah 5 sampai 15 gram kulit jeruk kedalam sebuah gelas, tambahkan air yang mendidih untuk membuat segelas teh kulit jeruk. Minumlah sesering mungkin.

4)   Mengobati batuk. 

Taruhlah 5 gram kulit jeruk kering kedalam 2 gelas air dan rebus selama 10 sampai 15 menit kemudian tambahkan beberapa jahe dan gula merah. Minumlah selagi hangat.

5)   Mengobati konstipasti (sembelit/ susah buang air besar). 

Rebus 12 gram kulit jeruk segar atau 6 gram kulit jeruk kering dengan air untuk 10 sampai 15 menit. Minumlah 2 kali sehari untuk mencegah sembelit (susah buang air besar).

6)   Mengobati sakit geraham. 

Taruhlah sepotong kecil kulit jeruk yang segar ke dalam mulut selama 10 menit sebelum anda tidur. Tetaplah biarkan di dalam sampai sobat Dokcil merasa kurang nyaman.

7)   Merawat dan mengobati gigi yang sensitif. 

Apakah gigi sobat Dokcil menjadi terasa sensitif setelah makan jeruk? Taruhlah kulit ke dalam gelas dan tambahkan air mendidih, tutup gelasnya selama 5 sampai 10 menit kemudian minumlah.

8)   Mengobati mastitis (payudara terasa bengkak saat produksi ASI berlebih). 

Rebuslah 30 gram kulit jeruk yang segar dan 6 gram licorice (akar manis) dengan air. Minumlah dua kali sehari.

9)       Menghilangkan bau mulut. 

Mengunyah sepotong kecil kulit jeruk yang segar dapat menghilangkan bau mulut.

 

10) Menghilangkan gejala alergi sehabis makan ikan dan kepiting. 

Rebuslah beberapa potong kulit jeruk segar dengan air dan minumlah.

11) Menghentikan muntah dan mengobati perut yang sakit. 

Rebus beberapa potong kulit jeruk dengan jahe yang segar bersama air dan minumlah.

12) Mencegah sesak di dada (sesak napas). 

Tambahkan air didih ke dalam gelas yang berisi kulit jeruk segar, tutuplah selama 10 menit, dan tambahkan gula sebelum kamu meminumnya, ia dapat menghentikan rasa sesak di dada dan radang tenggorokan.

13) Mengatasi kedinginan.

Rebus beberapa kulit jeruk dan jahe segar di dalam air untuk kurang lebih 15 sampai 20 menit, tambahkan gula merah, dan minumlah seperti teh. Cara ini dapat mengobati kedinginan, flu, muntah dan batuk.

14) Mengembalikan nafsu makan yang kurang. 

Ambillah kulit jeruk yang segar dan jemurlah sampai kering. Campurkan kulit jeruk itu dengan daun teh. Ketika sobat Dokcil sedang tidak punya nafsu makan, tambahkan air yang masak ke dalam dan aduklah bikinlah segelas teh kulit jeruk. Cara ini dapat mengembalikan nafsu makan yang hilang.


15) Mengobati radang pankreas. 

Rebus 30 gram kulit jeruk dan 10 gram licorice (akar manis) dengan air.

16) Memperluas saluran koroner dan mencegah penyumbatan sirkulasi darah

Tidak hanya kulit jeruk segar, kulit Jeruk Kering ternyata dapat mengurangi tekanan darah, mengusir dahak, meredakan batuk, memperkuat limpa dan menghilangkan  kelembaban. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok digunakan untuk mengobati dahak yang membandel, dada sesak, batuk, gangguan lambung, muntah dan sebagainya.

Kulit jeruk kering mengandung bahan yang dapat memperluas saluran koroner dan mencegah penyumbatan sirkulasi darah. Caranya adalah tambahkan kulit jeruk kering dalam air mendidih seperti cara membuat teh. Ramuan ini memiliki bau yang harum, dan dapat merangsang nafsu makan sobat Dokcil dan membuat lebih energik.

17) Kulit jeruk bali menyeimbangkan energi, mengusir dahak, menekan batuk dan  menghilangkan asma

Kulit jeruk bali tak hanya baik untuk dijadikan mainan saja, tapi kulit jeruk bali bermanfaat untuk menyeimbangkan energi, mengusir dahak, menekan batuk dan  menghilangkan asma. Caranya adalah dengan mencampurkan irisan kulit jeruk bali lalu tambahkan gula, madu, cokelat dan kukus selama sekitar 30 menit.

Manfaat biji :

Khasiat bijinya bermanfaat terhadap bisa (racun) yang mematikan, dengan cara merendam biji tersebut dalam air hangat. Kemudian air rendaman biji tadi diminum kira-kira dua puluh lima gram. Bagus juga jika biji tersebut dikunyah dan hasil kunyahan itu dioleskan pada bagian tubuh yang kena sengatan. Sedangkan penelitian lainnya mengatakan, bijinya bermanfaat untuk segala jenis sengatan serangga.

Itulah beberapa manfaat khasiat dari buah, kulit dan biji jeruk untuk kesehatan tubuh kita yang sangat bermanfaat sekali untuk pengobatan tradisional alami yang sering  tidak kita ketahui untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat buat sobat Dokcil semua ya.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan Makanan: Manfaat Buah, Kulit, dan Biji Jeruk Bagi Kesehatan