14/08/2015 02:18:19
Info Kesehatan

Pencegahan Infeksi Bakteri Resisten Antibiotik

Sobat Dokcil, sebelum kita membahas bagaimana cara mencegah infeksi bakteri resisten antibiotik, kita akan ulas kembali secara singkat apakah yang dimaksud dengan resistensi antibiotik seperti yang sudah diinformasikan dalam artikel sebelumnya. 

Resistensi antibiotik adalah kondisi saat bakteri dan mikroba tidak responsif dan menjadi resisten (kebal) terhadap antibiotik. Pada saat antibiotik diberikan, sejumlah kuman akan mati, tapi kemudian terjadi mutasi pada gen kuman sehingga ia dapat bertahan dari serangan antibiotik tersebut. Kuman yang tidak bisa bertahan dari serangan antibiotik akan mati, tapi kuman yang mengalami mutasi akan bertahan dan hidup. Kuman ini lalu membelah dengan cepat dan terbentuklah jutaan koloni kuman yang mampu melawan antibiotik tersebut. Bila nanti kumpulan kuman ini menginfeksi individu lain, maka antibiotik tersebut tak akan mampu mengatasi infeksi tersebut.

Tingginya angka kematian akibat kuman kebal itu antara lain karena anggapan antibiotik menyembuhkan segala penyakit. Padahal, tak semua penyakit cocok memakai antibiotik. Pemakaian antibiotik tak sesuai bisa menyebabkan penyakit mematikan. Penyalahgunaan dan penggunaan antibiotik yang berulang juga merupakan penyebab bakteri menjadi resisten.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghindari infeksi bakteri resisten antibiotik :

  • 1. Minumlah antibiotik hanya bila Anda benar-benar memerlukannya dan bila diberi resep oleh dokter.
  • 2. Tanyakan petugas kesehatan/dokter apakah antibiotik akan bermanfaat bagi penyakit yang sedang dialami.
  • 3. Janganlah membeli antibiotik sendiri untuk pilek atau flu, dan nyeri tenggorok. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus.
  • 4. Janganlah meminum antibiotik orang lain hanya karena Anda merasa penyakit Anda sama dengan orang tersebut.
  • 5. Hindari menyimpan antibiotik untuk digunakan lagi saat Anda kembali sakit. Singkirkan semua sisa obat dan antibiotik setelah menyelesaikan program pengobatan yang harus Anda jalani.
  • 6. Minumlah antibiotik sampai habis sesuai petunjuk dokter dan jangan sampai melewatkan waktu pemberian antibiotik. Selesaikan program pengobatan, jangan menghentikannya di tengah-tengah hanya karena merasa kondisi Anda sudah baikan. Jika Anda menghentikan pengobatan terlalu cepat, beberapa bakteri dapat bertahan hidup dan bisa menginfeksi kembali.
  • 7. Hindari minum antibiotik yang diresepkan untuk orang lain karena bisa jadi antibiotik tersebut tidak sesuai untuk penyakit Anda.
  • 8. Jika petugas kesehatan yakin bahwa Anda tidak mengalami infeksi bakteri, minta saran tentang cara meringankan gejala yang sedang dialami. Jangan memaksa petugas kesehatan untuk meresepkan antibiotik.
  • 9. Jaga kebersihan diri. Cucilah tangan untuk menghindari penularan penyakit infeksi.

 

Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi sobat Dokcil semua, terutama bagi yang sedang mengkonsumsi obat-obatan khususnya antibiotik karena kondisi kesehatannya yang sedang terganggu.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Pencegahan Infeksi Bakteri Resisten Antibiotik