25/08/2015 21:12:26
Info Kesehatan

Terlalu Sering Meminum Minuman Bersoda Itu Berbahaya Loh!

Saat siang hari yang terik atau saat udara terasa panas, pasti yang sobat Dokcil inginkan adalah sesuatu yang segar seperti minuman bersoda. Selain rasanya yang nikmat, sensai meminum minuman bersoda juga memberi kesan berbeda dibandingkan minuman lainnya. Akan tetapi, bagi sobat Dokcil yang suka meminum minuman bersoda sebaiknya berhati-hati, karena minuman bersoda kaya akan kalori yang bisa membuat kesehatan tubuh terancam, bahkan dapat memicu terjadinya penyakit lain yang berbahaya.

Berikut adalah bahaya jika sering meminum minuman bersoda:

1. Tulang lemah dan rapuh

Mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat membuat tulang menjadi  lemah dan rapuh. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang dapat merapuhkan dan mengikis tulang. Hal ini dapat menyebabkan osteoporosis lebih cepat menghampiri kita dan tentu mengganggu aktivitas sehari – hari.

2. Obesitas dan perut buncit

Minuman Bersoda yang rutin dikonsumsi dapat membuat badan menjadi gemuk. Minuman ini mengandung presentase gula yang tinggi yang dapat mengakibatkan obesitas. Selain itu minuman bersoda juga membuat bisa membuat perut menjadi buncit.

3. Mudah depresi

Keburukan lain dari minuman bersoda yaitu dapat menyebabkan perubahan suasana hati, sehingga Anda akan mudah depresi dan tersinggung dalam jangka panjang. Aspartam (pemanis buatan) yang terkandung didalamnya dapat mengubah komposisi kimia dari otak hasilnya menyebabkan suasana hati yang rendah dan gampang depresi.

4. Diabetes

Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes harus menghindari minuman yang rasanya manis ini, karena kandungan pemanis buatan yang sangat tinggi ada didalamnya. Namun, jika Anda benar-benar ingin meminum minuman bersoda tersebut, konsumsilah dengan jarak sebulan sekali untuk memberi waktu pada tubuh dalam metabolisme semua gula yang ada di dalamnya.

5. Meningkatkan risiko kanker

Banyak bahan kimia berbahaya seperti formalin ditambahkan dalam minuman bersoda yang mana berisiko merusak sel-sel tubuh Anda dan menyebabkan kanker. Apalagi jika Anda sering meminumnya, risiko terkena kanker akan jauh lebih besar.

6. Fungsi ginjal melambat

Minuman bersoda akan mengganggu fungsi ginjal. Karena ada zat berbahaya yang disalurkan minuman ini pada bagian ginjal. Yang menjadi salah satu kelebihan dalam minuman bersoda juga adalah warnanya yang menarik. Pewarna tersebut dapat merusak ginjal bila terus dikonsumsi. karena hal itu, ginjal bekerja tidak efisien dan akhirnya akan berhenti bekerja. Ginjal yang tidak berfungsi bisa menyebabkan kematian.

7. Merusak gigi

Kandungan karbonisasi dalam minuman bersoda juga dapat membuat gigi menjadi rusak bahkan dapat membusuk. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan sedotan ketika mengkonsumsi minuman bersoda. Tapi tetap saja, sebelum masuk ke tenggrokan, minuman bersoda pasti menyentuh gigi dan tetap akan merusak kesehatan gigi pada akhirnya.

8. Membuat tubuh mudah sakit

Perlu sobat Dokcil ketahui, kandungan berbahaya dalam minuman bersoda dapat membuat tubuh mudah sekali terserang penyakit. Sebab, kandungan berbahaya dalam minuman bersoda menolong virus dan bakteri untuk berkembang secara baik di dalam tubuh kita.

9. Menyebabkan kecanduan

Minuman bersoda menjadi minuman yang dapat membuat kita kecanduan bila pertama kali mencobanya. Kita akan sering berkeinginan meminum minuman bersoda untuk menyegarkan diri kita dari dahaga. Selain itu, kandungan kafein yang ada di dalamnya dapat menghilankan rasa kantuk dan akhirnya akan mengundang kita untuk ingin meminumnya lagi.

10. Meningkatkan produksi urin

Efek negatif dari minuman bersoda untuk pencernaan mineral dalam tubuh yaitu meningkatkan produksi urin yang dapat membuat kita mengalami dehidrasi. Mineral yang harusnya diserap oleh tubuh malah diolah menjadi urin dan mau tidak mau harus dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, untuk menghilangkan haus, janganlah meminum minuman bersoda karena malah akan memberi efek haus yang lebih.

11. Menipiskan lapisan lambung

Dengan meminum minuman bersoda, lambung kita yang mengandung asam dapat terkikis lapisannya dan menyebabkan pencernaan makanan ikut terganggu. Sehingga menimbulkan rasa mulas atau sakit perut bahkan membuat produksi gas dalam lambung meningkat. Ini sangat tidak baik bagi anda yang menderita penyakit maag.

12. Gangguan pada jantung

Minuman bersoda juga memiliki dampak buruk pada organ jantung. Kandungan natrium pada minuman ini dapat merusak kekuatan jantung dan dapat membuat gagal jantung atau penyakit jantung dadakan.

13. Memicu penyakit asam surat

Kandungan fruktosa pada minuman bersoda dapat memicu terjadinya penyakit asam urat. Mengidap penyakit asam urat sangat tidak enak karena rasa nyeri yang timbul dan mengangganggu produktivitas kita

14. Minuman soda menyebabkan penuaan dini

Kandungan asam pada minuman bersoda juga dapat membuat kulit menjadi keriput atau terjadi penuaan dini. Jadi, apabila sobat Dokcil ingin memiliki kulit yang mulus dan awet muda, hindari minuman bersoda dalam bentuk dan rasa apapun.

Meskipun bahaya minuman bersoda memang tidak terasa dan tidak terlihat secara langsung efeknya, namun dampaknya dapat merusak organ tubuh dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, sobat Dokcil harus waspada dan berhati-hati terutama bagi yang gemar mengkonsumsi minuman soda tersebut. Lebih baik perbanyak meminum air putih, tetapi jika sobat Dokcil ingin meminum minuman manis dan segar, pilihlah minuman manis menyehatkan seperti jus buah-buahan yang diberi sedikit tambahan gula alami.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Terlalu Sering Meminum Minuman Bersoda Itu Berbahaya Loh!