24/02/2016 17:58:52
Info Kesehatan

Ternyata Biji Rambutan Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Buah rambutan (Nephelium lappaceum) adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapincia Ceap berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Tanaman rambutan ini merupakan buah jenis musiman yang hanya dipanen saat bulan tertentu. Banyak jenis rambutan yang beredar di pasaran dengan rasa dan tekstur khasnya masing-masing. Beragam manfaat buah rambutan dapat ditemukan bukan pada buahnya saja namun juga pada bijinya.

Biji rambutan yang biasanya kita buang setelah kita makan buahnya ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Biji buah rambutan juga dapat dimanfaatkan untuk terapi bagi penderita diabetes atau kencing manis. Biji rambutan tidak beracun dan mengandung karbohidrat, lemak, protein, yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dari gizi. Biji rambutan juga mengandung lemak polifenol cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia dalam biji rambutan tersebut menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah) sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan alternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis (diabetes mellitus yang cenderung tinggi). Selain itu biji rambutan juga dipercaya bisa mengobati sakit pinggang.

Cara Mengolah Biji Rambutan Untuk Mengobati Kencing Manis

Ambilah Biji rambutan (5 biji), pisahkan biji dari daging buahnya, kemudian potong menjadi beberapa potongan kecil lalu sangrai sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan dan setelah ditiriskan giling atau blender sampai menjadi serbuk. Setelah itu, seduh dengan satu cangkir air panas dab dinginkan sampai air terpisah dari ampasnya. Minum seduhan tersebut 1-3 kali tergantung pada seberapa tinggi kadar gula saat melakukan terapi ini. Konsumsi setiap hari jika perlu.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Ternyata Biji Rambutan Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan